%A NIM. 11230072 Nurul Hidayana %O Drs. H. Afif Rifai, M.S. %T IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOSIAL RESPONBILITY (CSR) KOPERASI KREDIT “ADIL” YOGYAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DLINGO %X Skripsiِ iniِ berjudulِ “Implementasi Program Corporate Sosial Responbility Koperasi Kredit “Adil”ِ Yogyakartaِ dalamِ Pemberdayaanِ Masyarakatِ Dlingo”. Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial baik itu dalam lingkup internal perusahaan maupun ekternal. Koperasi Kredit “Adil” Yogyakarta adalah salah satu badan hukum yang menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk dan implementasi Corporate Sosial Responbility di Koperasi Kredit Adil Yogyakarta? Dampak yang dari implementasi bagi masyarakat maupun bagi Koperasi “Adil” Yogyakarta? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk program, bagaimana Pelaksanaan, serta bagaimana dampak dari pelaksanaan program Corporate Sosial Responbility yang di lakukan oleh Koperasi Kredit “Adil”ِ Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian berdasarkan data empiris, bersifat diskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan data-data fakta yang tampak, apa adanya dengan menggunakan metode interview, observasi, dan documentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian di temukan bahwa bentuk dan pelaksananaan program Corporate Sosial responbility Koperasi Kredit “Adil”ِ Yogyakartaِ di antaranya: di bidang pendayagunaan UMKM yaitu pelatihan kewirausahaan dan dukungan pendanaan bagi UMKM. Bidang pendidikan, pemberian beasiswa dan pemagangan siswa SLTA. Bidang infrastruktur, pembangunan fasilitas tempat ibadah. Bidang kebudayaan berupa sokongan dana kegiatan adat setempat. Bidang kesehatan peningkatan gizi dan dana berobat. Penguatan kapasitan yaitu dukungan terhadap organsasi masyarakat. Pelaksanaan tersebut memberikan dampak bagi masyarakat yaitu berupa terpenuhinya kebutuhan ekonomi masyarakat. Bagi koperasi pelaksanaan tersebut meningkatkan reputasi koperasi di mata masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program Corporate Sosial Responbility Koperasi Kredit “Adil” dalam Pemberdayaan masyarakat Dlingo belum dapat mencapai hasil maksimal artinya masyarakat belum dapat mandiri, kedepannya diharapkan program Corporate Sosial Responbility Koperasi Kredit Adil Yogyakarta banyak yang bersifat Empowerment. %K Implementasi, Corporate Sosial Responsibility, Pemberdayaan Masyarakat. %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib27140