eprintid: 27156 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/71/56 datestamp: 2017-08-04 03:49:22 lastmod: 2017-08-04 03:49:22 status_changed: 2017-08-04 03:49:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SITI ANISAH, NIM: 12480004 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROGRAM ADIWIYATA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: aga_ling divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Pendidikan Lingkungan Hidup, Program Adiwiyata note: Drs. Sedya Santosa, S.S. M.Pd. abstract: Siti Anisah, Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Program Adiwiyata di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata, mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata, dan mengetahui evaluasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian koordinator adiwiyata wakil koordinator adiwiyata dan peserta didik di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta guna mendukung data. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman dengan cara pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dengan cara Trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Program Adiwiyata di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta terdiri dari lima tahap yaitu: a) Mengkaji kondisi lingkungaan hidup sekolah, kebijakan sekolah, kurikulum sekolah, kegiatan sekolah dan sarana prasarana, b) Membuat rencana kerja dan mengalokasikan anggaran sekolah berdasarkan hasil kajian tersebut di atas, dan disesuaikan dalam komponen, standar, dan implementasi adiwiyata. c) Melaksanakan rencana kerja sekolah. d) Melakukan pemantauan dan evaluasi. e) Menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah tembusan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota dan Instansi terkait . 2) Faktor pendukung dalam mendeskripsikan implementasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata adalah seluruh warga sekolah. Faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran cinta lingkungan beberapa warga sekolah. 3) Evaluasi pendidikan lingkungan hidup dalam program adiwiyata dengan melibatkan peserta didik dalam pembacaan meter dan penggunaan energi, menimbang sampah, mendokumentasikan kegiatan dan membuat daftar spesies. Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Lingkungan Hidup, Program Adiwiyata date: 2017 date_type: published pages: 168 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SITI ANISAH, NIM: 12480004 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROGRAM ADIWIYATA DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27156/1/12480004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27156/2/12480004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf