@phdthesis{digilib27159, month = {June}, title = {PEMBINAAN AKHLAK SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 12480025 Anna Khoirunisa}, year = {2017}, note = {Drs. Nur Hidayat, M.Ag}, keywords = {Pembinaan Akhlak, Metode Pembiasaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27159/}, abstract = {ANNA KHOIRUNISA, ?Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Metode Pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Zaman modern ini, anak-anak sejak dini harus mendapatkan perhatian lebih serius terutama dalam pendidikan akhlak agar mereka tidak menjadi anakanak yang lemah iman sehingga dapat tumbuh dewasa menjadi generasi yang sholih dan sholihah. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa dan bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembinaan akhlak terpuji siswa melalui metode pembiasaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses perencanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (2) bagaimana implementasi pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta, (3) apa faktorfaktor yang menjadi kendala dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses perencanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan ini meliputi pembiasaan berjabat tangan dan mengucapkan salam, membaca do?a sebelum pelajaran dimulai dan saat pelajaran pada jam terakhir telah selesai, membaca sholawat, BTAQ dan tahfidz, sholat Dhuha berjamaah, sholat Dhuhur berjamaa, infaq setiap hari Jum?at, saling tolong-menolong, menjaga kebersihan lingkungan. Yakni dengan cara merumuskan tujuan dan target, merekrut pengampu, menyediakan fasilitas yang memadai, memaksimalkan dana dan evaluasi kegiatan.(2) Implementasi pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan sudah cukup baik, setelah dilakukan pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan mengalami perubahan perilaku yang positif. Perubahan itu dapat terlihat diantaranya: Pertama, siswa yang mengikuti aturan yang telah diterapkan oleh madrasah. Kedua, tingkah lakunya mengarah pada hal yang baik sesuai dengan ajaran agama diantaranya berperilaku hormat, disiplin, murah hati, dan peduli pada sesama. (3) Faktorfaktor pendukung meliputi manajemen waktu, minat dan motivasi siswa, serta dukungan orang tua. Sedangkan faktor-faktor penghambat meliputi kurangnya motivasi dan minat siswa, bimbingan guru dan pengampu yang kurang maksimal, kurangnya dukungan orang tua. Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Metode Pembiasaan} }