<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta"^^ . "Riset berjudul, ''ldentitas Komunitas Masjid di Era\r\nGlobalisasi: Studi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro\r\nPlosokuning Keraton Yogyakarta\" ini disusun untuk\r\nmenjawab dua pertanyaan utama, yaitu pertama,\r\nbagaimana kemunculan identitas komunitas Masjid Pathok\r\nNegoro Pbsokuning di era gbbalisasi? Kedua, bagaimana\r\nkemunculan identitas itu melahirkan responsi atas\r\nglobalisasi?, dan bagaimana pula globalisasi membawa\r\npengaruh bagi komunitas ketika meresponnya? Dengan\r\nmenggunakan metode penelusuran data, baik telaah\r\ndokumen; hasil interview; pengamatan terlibat maupun\r\nfocus group discussion, yang kemudian data dipilah dan\r\ndianalisis berdasarkan kerangka teori yang disusun.\r\nKhususnya, teori William I. Robinson yang melihat\r\nglobalisasi sebagai kapitalisme global, Anthony Giddens\r\nmelihat globalisasi sebagai rangkaian modernisasi yang\r\nmelahirkan jalan ketiga, Roland Robertson yang\r\nmerumuskan globalisasi sebagai glokalisasi, yakni\r\nketerkaitan yang global dan lokal, serta Arjun Appadurai\r\nyang melihat globalisasi sebagai komunitas maya yang\r\ntimbul dari lanskap global perkembangan teknologi\r\ninformasi dan komunikasi, dan terakhir teori globalisasi\r\nThomas L. Friedman yang melihatnya sebagai dunia yang\r\ndatar; menjadi acuaan analisis untuk mengurai faktor\r\neksternal yang mempengaruhi komunitas. Untuk teori\r\nEmile Durkheim mengenai asal usul agama dari yang\r\nsakral dalam kebudayaan masyarakat digunakan\r\nmenganalisis keterkaitan etnik dan agama dalam\r\nkomunitas masjid. Sementara teori identitas Hanry Tajfe~\r\nsebagai konsep dan kesadaran berkelompok membantu\r\nkomunitas menemukan identitasnya. Hasil riset\r\nmenunjukkan Masjid Pathak Negoro Plosokuning dengan\r\nkomunitasnya didirikan oleh Keraton Yogyakarta.\r\nKemunculan identitas komunitas tidak hanya dari ikatan\r\nIslam sebagai agama luar yang masuk, tetapi juga\r\nkebudayaan Jawa yang terhubung dengan Keraton.\r\nldentitas ini tercermin pada arsitektur masjid dan\r\npembelahan komunitas masjid, yaitu Plosokuning Jero\r\ndan Plosokuning Jobo. Komunitas Plosokuning Jero\r\nadalah orang dalam, yakni mereka yang memiliki ikatan\r\nkekerabatan dengan Keraton. Komunitas Plosokuning\r\nJero melahirkan gelar kebangsawanan dan kebudayaan\r\nJawa. Berbeda dengan Plosokuning Jobo, disebut orang\r\nluar atau masyarakat umum yang tidak memiliki gelar\r\nkebangsawanan. Hanya saja identitas agama yang masuk\r\ndalam etnik Jawa, baik pada arsitektur masjid maupun\r\ntradisi religius dan kebudayaan lokal membentuk\r\nidentitas Plosokuning fobo. Namun arus globalisasi yang\r\nmasuk semng dengan tumbuhnya pusat-pusat\r\npendidikan modern dan industri pariwisata global di\r\nYogyakarta, berakibat identitas komunitas masjid yang\r\nsemula berciri politik, berubah menjadi kebudayaan.\r\nPerubahan identitas kebudayaan terlihat dari penerimaan\r\nkomunitas masjid terhadap status eagar kebudayaan\r\nmasjid, dan kebudayaan global yang masuk, seperti isu\r\nmultikulturalisme, toleransi religius, dan pemanfaatan\r\nteknologi informasi dan komunikasi yang di satu sisi,\r\nberfungsi menguatkan identitas lokal, namun di sisi lain\r\nmengubah identitas lokal menjadi bagian dari globalisasi\r\nyang telah diratakan. Perubahan identitas yang lahir dari\r\nunsur lokalitas dan globalitas ini juga meneguhkan\r\nkedudukan agama sebagai bagian kebudayaan lokal. Ini\r\nartinya globalisasi yang masuk tidak lagi vertikal, tetapi\r\nhorisontal, mendatar atau bersifat bioregional dan lokal.\r\nSebab globalisasi juga telah menciptakan kekuatan lokal\r\nyang setara dengan kekuatan global dalam menegakkan\r\nperdamaian, keadilan dan kesejahteraan umat manusia.\r\nKata Kunci: Globalisasi, identitas komunitas masjid,\r\nkebudayaan Jawa, perubahan identitas."^^ . "2015-03-01" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "."^^ . "Masroer"^^ . ". Masroer"^^ . . . . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Text)"^^ . . . . . "BAB I, VII, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Text)"^^ . . . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . . "IDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI\r\nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning\r\nKeraton Yogyakarta (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27171 \n\nIDENTITAS KOMUNITAS MASJID DI ERA GLOBALISASI \nStudi Pada Komunitas Masjid Pathok Negoro Plosokuning \nKeraton Yogyakarta\n\n" . "text/html" . . . "Sosiologi Agama"@en . .