eprintid: 27198 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/71/98 datestamp: 2017-08-07 02:38:48 lastmod: 2017-08-07 02:38:48 status_changed: 2017-08-07 02:38:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vidara Esa Panuntun, NIM. 13480013 title: PENGEMBANGAN MEDIA TEMATIK TEMA 1 BENDA – BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SUBTEMA 1 BERBASIS ADOBE FLASH CS6 KELAS V SD GROGOL ispublished: pub subjects: med_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Media Tematik, Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Benda- Benda di Lingkungan Sekitar note: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si. abstract: Vidara Esa Panuntun, “Pengembangan Media Tematik Tema 1 Benda – Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Berbasis Adobe Flash CS6 Kelas V SD Grogol”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran tematik tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Kelas V SD /MI yang disajikan dengan program Adobe Flash CS6, (2) menjelaskan efektifitas dan (kualitas) media pembelajaran tematik tema 1 Benda – Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Kelas V SD/MI, (3) menjelaskan respon peserta didik terhadap pengembangan media tematik tema 1 Benda – Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Kelas V SD/MI. Penelitian merupakan penelitian pengembangan R&D (Reasearch and Development). Prosedur pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan media pembelajaran adalah lembar angket penilaian dengan skala Guttman dan Likert. Skala Guttman digunakan untuk respon peserta didik dan skala Likert untuk para ahli media, guru dan peer reviewer. Media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, guru, peer reviewer dan direspon oleh 20 peserta didik SD Negeri Grogol di mana 10 peserta didik menggunakan media pembelajaran dan 10 peserta didik tanpa media pembelajaran dalam uji coba terbatas. Hasil penelitian ini yaitu (1) telah berhasil membuat media pembelajaran Media Tematik Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Berbasis Adobe Flash CS6 Kelas V SD Grogol. (2) Media Pembelajaran mendapatkan penilaian dengan kategori Sangat Baik (SB) dari ahli materi dengan skor 39 dan skor rata-rata 4,33, Baik (B ) dari ahli media dengan skor 38 dan skor rata-rata 3,8, Baik (B ) dari ahli bahasa dengan skor 7 dan skor rata-rata 3,5, Sangat Kurang (SK) dari ahli IT dengan skor 5 dan skor rata-rata 1, Sangat Baik (SB) dari penilaian guru dengan skor 61 dan skor rata-rata 4,7, dan Sangat Baik (SB) peer reviewer dengan skor 123 dan skor rata-rata 4,7. Rata-rata dari semua penilaian mendapat 4,2 dengan kategori Baik (B). (3) Respon peserta didik uji lapangan mendapatkan respon positif sebesar 100%. Kata kunci: Media Tematik, Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Benda- Benda di Lingkungan Sekitar date: 2017-06-07 date_type: published pages: 243 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Vidara Esa Panuntun, NIM. 13480013 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA TEMATIK TEMA 1 BENDA – BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR SUBTEMA 1 BERBASIS ADOBE FLASH CS6 KELAS V SD GROGOL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27198/1/13480013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27198/2/13480013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf