<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD"^^ . "Widuri, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TSTS (Two Stay Two\r\nStray) Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA\r\nMI/SD”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan\r\nKalijaga, 2017.\r\nPembelajaran kooperatif melatih siswa untuk dapat mampu berpartisipasi\r\naktif dan berkomunikasi. Manusia sebagai makhluk individu maupun mahluk\r\nsosial, memiliki dorongan ingin tahu, ingin maju dan berkembang, maka salah\r\nsatu sarannya adalah komunikasi. Kemampuan ini sangat penting sebagai bekal\r\nmereka dalan kehidupan di masyarakat. Banyak ditemukan siswa yang masih\r\nbelum bisa berkomunikasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk\r\nmengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay\r\nTwo Stray) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran IPA\r\nmateri daur hidup hewan kelas IV MI/SD.\r\nMetode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu\r\ndengan desain penelitian Nonequivallent Control Group Design. Populasi dalam\r\npenelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Ma’arif Bego, dengan sampel penelitiannya\r\nsebanyak dua kelas yang terdiri dari 56 siswa. Teknik pengambilan sampel\r\nmenggunakan cluster random sampling. Validitas instrumen dalam penelitian ini\r\ndilakukan validitas konstruk dan reliabilitas instrumen diuji dengan software\r\nAnates dengan kriteria tinggi yaitu sebesar 0,79. Selanjutnya, dilakukan pengujian\r\nprasyarat dengan normalitas diperoleh data yang tidak normal yaitu sebesar 0,003\r\n< 0,05, pada kelas kontrol dan 0,066 > 0,05 pada kelas eksperimen. Sedangkan uji\r\nhomogenitas dalam penelitian ini diperoleh variansi yan sama atau homogen yaitu\r\nsebesar 0,850 > 0,05. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode\r\nskala dan observasi dengan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan\r\nbantuan perangkat SPSS 22.00.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model\r\npembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap keterampilan\r\nberkomunikasi siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV\r\nMI/SD. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann\r\nWhitney, dengan diperoleh nilai signifikansi Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05.\r\nLebih lanjut, diperkuat dengan meningkatnya nilai rata-rata skala dan observasi.\r\nPada kelas eksperimen memperoleh nilai skala sebelum perlakuan sebesar 10,66\r\ndan setelah perlakuan naik menjadi 18,33 begitu juga dengan nilai observasi\r\nsebesar 9,85 dan setelah perlakuan naik menjadi 10,46. Sedangkan kelas kontrol\r\npada skala sebelum perlakuan sebesar 11,5 setelah perlakuan menjadi 14,53 dan\r\nnilai observasi sebelum perlakuan sebesar 10,03 menjadi 10,31.\r\nKata Kunci: model pembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray),\r\nketerampilan berkomunikasi."^^ . "2017-06-06" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 13480016"^^ . "Widuri"^^ . "NIM. 13480016 Widuri"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Text)"^^ . . . . . "13480016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Text)"^^ . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP\r\nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA\r\nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27201 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP \nKETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA \nPADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD\n\n" . "text/html" . . . "Media Pembelajaran" . .