%A NIM. 13480062 NUR ANISA FATIMAH %O Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd %T PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PIYAMAN %X Nur Anisa Fatimah, “Pengaruh Pendekatan JAS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman”. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,2017 Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatanJAS terhadap hasil belajar IPA,2) besar sumbangan pengaruh pendekatan JAS terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah Piyaman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi Eksperimental (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 37 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas berjumlah 37 yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa dan kelas IVB atau kelas eksperimen sebanyak 17 siswa diambil menggunakan teknik sampling sampel jenuh. Untuk membuktikan instrumen digunakan pembuktian dengan validitas dan reliabilitas menggunakan anates 4.0. Untuk uji prasyarat menggunakan uji homogenitas dan normalitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Paired Samples Test dan uji regresi. Ditinjau dari hasil regresi menunjukkan besarnya pengaruh pendekatan JAS terhadap hasil belajar IPA sebesar 10,6% sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample Test menunjukkan hasil Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Semester II di SD Muhammadiyah Piyaman. Kata Kunci: Pembelajaran IPA SD / MI, Jelajah Alam Sekitar (JAS), hasil belajar %K Pembelajaran IPA SD / MI, Jelajah Alam Sekitar (JAS), hasil belajar %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib27208