%0 Thesis %9 Skripsi %A Lisa Fitri Mahardini, NIM. 13480115 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2017 %F digilib:27211 %I UIN Sunan Kalijaga %K Metode NHT, Hasil Belajar, Matematika. %P 174 %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN PLEBENGAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27211/ %X Lisa Fitri Mahardini (13480115), Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Plebengan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) ditinjau dari hasil belajar siswa. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran Matematika dengan materi sifat-sifat bangun ruang dan jaring-jaring bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Plebengan yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mannwhitney untuk hasil post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dengan ratarata nilai post test kelas eksperimen 85 dan kelas kontrol 79,5. Terdapat peningkatan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) sebesar 85 – 69 = 16 dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran konvensional sebesar 79,5 – 59 = 20,5. Hal tersebut ditunjukkan secara deskriptif dari kenaikan rata-rata pre test ke post test. Dan Uji Mann-whitney menujukkan bahwa hasil post test memiliki nilai Asymp.sig.(2-tailed) adalah 0,257 > 0,05, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Artinya penggunaan model pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together (NHT) tidak lebih efektif daripada penggunaan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Metode NHT, Hasil Belajar, Matematika. %Z Luluk Maulu’ah, M.Si