relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/ title: ANALISIS KUALITAS USTADZ TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN AL-ANAAB KOTAGEDE YOGYAKARTA creator: MUJI AL ANA - NIM. 03410125, subject: Pendidikan Agama Islam description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kualitas ustadz dalam perannya sebagai pendidik pada lembaga Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al-Anaab, Kotagede Yogyakarta. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai pendorong dalam peningkatan kualitas ustadz dalam pembelajaran alquran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan ustadz sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan interpretasi terhadap kejadian-kejadian yang dialami ustadz/ah dicocokkan dengan wawancara kemudian penulis mengaitkan dengan buku-buku yang terkait sebagai alat untuk membantu menganalisis. Analisis ini juga mengarah pada kritik baik pada pihak pengelola maupun pada pelaksana(ustadz/ah) pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan 1). Bahwa kualitas ustadz TPA Al-Anaab sebagai seorang pendidik dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: a)Kompetensi Pedagogik :Penguasaan ustadz terhadap kompetensi pedagogik meliputi: wawasan atau landasan kependidikan., Pemahaman terhadap peserta didik., Pengembangan kurikulum. Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, Evaluasi hasil belajar, Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.Pemanfaatan teknologi pembelajaran,Adapun diantara kompetensi pedagodik yang belum dikuasai ustadz al-anaab berkaitan dengan perencanaan pembelajaran.b) Kompetensi Sosial: Hubungan antar ustadz dan pihak-pihak yang berkaitan dengan pendidikan di TPA Al-Anaab ternyata telah dilakukan oleh ustadz. Baik hubungan antara ustadz dengan santri, ustadz dengan sesama ustadz dan ustadz dengan orang tua santri.c) Kompetensi kepribadian/ Personal: Dari indikasi kompetensi personal, ustadz menampilkan kepribadian yang agamis, namun dalam masalah memberikan suru tauladan yang baik seperti kedisiplinan hadir tepat waktu, masih perlu diperhatikan sehingga tanpa disadari ustadz telah memberikan suri tauladan yang kurang baik.d) Kompetensi Profesional: Berdasarkan uraian di atas kompetensi professional ustadz belum semua dikuasai, diantaranya berkaitan dengan perencanaan program mengajar dan penguasaan materi. Dengan demikian berdasarkan penguasaan ustadz terhadap kompetensi-kompetensi tersebut, ustadz dikatakan berkualitas sedang. 2). Hal-hal yang menyebabkan terjadinya perbedaan kualitas ustadz/ah adalah a). Pendidikan yang diperoleh sebelum menjadi ustadz/ah, b). Umur ustadz/ah, ustadz/ah yang tua cenderung lebih berpengalaman dalam menghadapi situasi yang berkaitan dengan santri berbeda dengan ustadz/ah yang muda dan kurang pengalaman. date: 2009-06-22 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/2/BAB%20II%2CIII.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2723/10/small.jpg identifier: MUJI AL ANA - NIM. 03410125, (2009) ANALISIS KUALITAS USTADZ TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN AL-ANAAB KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.