%A NIM. 97382931 AANG AHMAD ARMAWAN %O Hj. Fatma Amilia, S.Ag, M.Si %T STRATEGI BERSAING PADA PERUSAHAN BATIK NAKULA SADEWA DI YOGYAKARTA DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM %X System ekonomi Islam belum banyak diketahui oleh masyarakat. Ia hanya dipahami dan dipelajari pada perguruan tinggi dan belum dapat menyentuh kalangan masyarakat bawah. Akan tetapi akhir-akhir ini system ekonomi Islam banyak dicari dan digunakan oleh perusahaan dan bahkan bank-bank swasta nasional. Salah satu perusahaan yang menjadi obyek penelitian ini adalah Perusahaan Batik Nakula-Sadewa. Perusahaan batik banyak tersebar di Yogyakarta, maka dari itu strategi bersaing di dalam satu perusahaan dengan yang lain sangat berbeda. Menghadapai persaingan industri batik vang semakin kompetitif di wilayah Yogyakarta dan sekitamya. Maka perusahaan Batik Nakula-Sadewa perlu mengantisipasi pesaing-pesaingnya serta berusaha untuk meningkatkan volume produksi dan distribusi pada pasa yang lebih luas. Dalam hal ini tidak hanya dalam pasar lokal, tetapi juga untuk pasar intemasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dengan pendekatan eksploratif-analitik. Artinya pendekatan ini dilakukan dengan meneliti langsung pada obyek penelitian, dengan menggali permasalahan yang ada sesuai dengan kondisi obyektif di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah, Strategi bersaing yang dilakukan oleh perusahaan batik "Nakula- Sadewa" dalam melakukan persaingan dapat mengarah kearah kemajuan perusahaan, serta mampu mendorong lingkungan sekitar perusahaan untuk meningkatkan perekonomian warga dan mampu terciptanya iklim persaingan yang sehat antar industri kecil sejenis. Kedua, Tinjauan hokum Islam terhadap strategi bersaing pada perusahan batik Nakula-Sadewa adalah mubah (boleh) untuk semua jenis strategi yang dilakukan sebagaimana pada pembahasan terdahulu, sepanjang yang dilakukan tidak ada unsur merugikan pihak lain. %K Perusahan Batik Nakula Sadewa, Ekonomi Islam %D 2004 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib27269