eprintid: 27331 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/73/31 datestamp: 2017-09-12 07:26:59 lastmod: 2017-09-12 07:26:59 status_changed: 2017-09-12 07:26:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azzunisa Mahanani, NIM. 10610030 title: ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA KANTOR CABANG UGM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_mat full_text_status: restricted keywords: Sistem Antrian, Multichannel Single Phase, First Come First Served. note: Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc. abstract: Antrian merupakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang mudah dijumpai. Suatu antrian terjadi akibat ketidakseimbangan rasio jumlah pelanggan dengan jumlah fasilitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui model teori antrian dan penerapan model antrian di PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang UGM Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan secara langsung selama 5 hari. Data yang dikumpulkan adalah data kedatangan nasabah, jumlah teller, rata-rata jumlah nasabah dalam antrian, rata-rata jumlah nasabah dalam sistem, rata-rata waktu nasabah dalam antrian, dan rata-rata waktu nasabah dalam sistem. Dalam penelitian ini juga dilakukan penurunan formula sistem antrian berdasarkan karakteristik sistem antrian yang digunakan dan dilakukan uji verifikasi menggunakan program WinQSB. Hasil penelitian menunjukkan model sistem antrian yang digunakan adalah (M1 / M2 / 5) : (FCFS / ¥ / ¥) , desain sistem antrian adalah Multichannel Single Phase, jumlah teller yang beroperasi sebanyak 5 teller, disiplin pelayanan berupa First Come First Served, sumber kedatangan nasabah dan kapasitas pelayanan tidak terbatas, tingkat kedatangan berdistribusi Poisson, dan waktu pelayanan berdistribusi Eksponensial. Sistem antrian pada periode 08.00-09.00 dan 09.00- 10.00 memberikan hasil perhitungan yang sama, yaitu Po = 0,387; Ls = 0,95 orang, Ws = 0,026 jam, Lq = 0,001 orang, Wq = 0 jam. Periode 10.00-11.00 menghasilkan Po = 0,349; Ls = 1,052 orang, Ws = 0,026 jam, Lq = 0,001 orang, Wq = 0 jam. Periode 11.00-12.00 menghasilkan Po = 0,358; Ls = 1,027 orang, Ws = 0,026 jam, Lq = 0,001 orang, dan Wq = 0 jam. Kata Kunci: Sistem Antrian, Multichannel Single Phase, First Come First Served. date: 2017-03-27 date_type: published pages: 139 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Azzunisa Mahanani, NIM. 10610030 (2017) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA KANTOR CABANG UGM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27331/1/10610030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27331/2/10610030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf