%A NIM. 11680031 Nadia Naufinnisa %O Dr. Widodo, S. Pd., M.Pd. %T PENGEMBANGAN BUKU BIOENTERPRENEURSHIP TANAMAN HIDROPONIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI SMA/MA/SMK KELAS XII %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku bioenterpreneurship tanaman hidroponik dan mengetahui kualitas buku bioenterpreneurship tanaman hidroponik yang dikembangkan sebagai sumber belajar siswa SMA/MA/SMK Kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Namun tahap pengembangannya dibatasi sampai tahap Development. Instrumen penilaian berupa lembar angket kualitas produk yang divalidasi oleh oleh 3 ahli, 5 peer reviewer, 2 guru biologi dan 20 respon siswa kelas XII. Data yang diperoleh merupakan data ordinal dan nominal. Analisis data menggunakan uji nonparametrik uji chi-square untuk ahli, peer reviewer dan guru, serta uji binomial untuk respon siswa. Hasil penilaian buku dan LKS bertanam hidroponik berbasis bioenterpreneurship mendapat penilaian Sangat Baik (SB) dari ahli materi dengan nilai chi-square 4,444, Sangat Baik (SB) dari ahli media dengan nilai chi-square 9,308, Baik (B) dari ahli kewirausahaan dengan nilai chi-square 0,000, Sangat Baik (SB) dari peer reviewer dengan nilai chi-square 35,850, dan Baik (B) dari guru biologi dengan nilai chi-square 5,070. Adapun respon siswa mendapat kategori sangat setuju (SS). Dengan demikian, buku bertanam hidroponik berbasis bioenterpreneurship mempunyai kualitas sangat baik sebagai sumber belajar siswa SMA/MA/SMK Kelas XII. Kata Kunci: buku, bioenterpreneurship, hidroponik, sumber belajar %K buku, bioenterpreneurship, hidroponik, sumber belajar %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib27344