<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM"^^ . "Penelitian ini berjudul efektivitas model problem based learning (PBL)\r\nterhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata\r\npelajaran Suhu dan Kalor di kelas X MIPA MAN Pakem. Penelitian ini dilatar\r\nbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa\r\nberdasarkan hasil analisa persentase penguasaan materi soal fisika UN SMA/MA\r\ntahun 2013 dan 2014 khususnya pada materi suhu dan kalor. Model pembelajaran\r\nyang digunakan yaitu PBL, dimana model pembelajaran ini menenkankan pada\r\npenyelesaian masalah, sehingga diharapkan dengan adanya permasalahan yang\r\ndibahas akan mempengaruhi motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir\r\nkritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas model PBL\r\nterhadap motivasi belajar siswa (2) Mengetahui efektivitas model PBL terhadap\r\nkemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Suhu dan Kalor di kelas X\r\nMIPA MAN Pakem.\r\nPenelitian ini merupakan eksperimen semu dengan bentuk non equivalent\r\ncontrol group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang\r\nberupa model pembelajaran PBL dan variabel terikat yang berupa motivasi belajar\r\ndan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X\r\nMIPA MAN Pakem sebanyak tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan\r\nteknik acak kelas, dan terpilih kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan\r\nkelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini pengumpulan data\r\nmenggunakan angket motivasi belajar dan tes yang terdiri atas pretest dan\r\nposttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik\r\nmenggunakan t test dan N-gain.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan\r\nmodel PBL efektif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata\r\npelajaran fisika dengan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,50 (sedang), kelas\r\nkontrol 0,32 (sedang) dan besarnya effect size adalah 1,25, hal ini menunjukkan\r\nbahwa perbedaan peningkatan motivasi belajar kedua kelas tersebut masuk dalam\r\nkategori tinggi. (2) Pembelajaran dengan menggunakan model PBL efektif\r\nterhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor\r\ndengan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 (sedang), kelas kontrol 0,49\r\n(sedang) dan besarnya effect size adalah 0,88. Hal ini menunjukka bahwa\r\nperbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kedua kelas tersebut\r\nmasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, persentase hasil belajar siswa kelas\r\neksperimen dan kelas kontrol yang >= 65, batas KKM adalah sebesar 83,33% dan\r\n53,57%.\r\nKata kunci: Model PBL, motivasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, suhu\r\ndan kalor"^^ . "2017-05-08" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12690029"^^ . "Badrotus Solihah"^^ . "NIM. 12690029 Badrotus Solihah"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Text)"^^ . . . . . "12690029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR\r\nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR\r\nKELAS X MIPA MAN PAKEM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27370 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) \nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR \nKRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR \nKELAS X MIPA MAN PAKEM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . . . "Media Pembelajaran" . .