eprintid: 27373 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/73/73 datestamp: 2017-09-18 02:20:46 lastmod: 2017-09-18 02:20:46 status_changed: 2017-09-18 02:20:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Rozaq Darmawan, NIM : 1320410083 title: Efektifitas Bi’ah Lugawiyyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Santriwati ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta ispublished: pub subjects: B divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Biah Lugawiyyah , Pembelajaran Bahasa Arab. note: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag abstract: Penelitian ini mengkaji tentang Efektifitas Bi’ah Lugawiyyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Santriwati ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta.. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan bi’ah lugawiyyah di asrama ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta serta seberapa efektif kegiatan tersebut dalam pembelajaran Bahasa Arab. Yang menjadi subjek data dalam penelitian ini adalah santriwati, guru bahasa Arab, Pengasuh dan Pengurus Bahasa, beserta Direktur Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini, adalah adanya kegiatan-kegiatan biah lugawiyyah yaitu: Menciptakan lingkungan berbahasa di dalam wilayah Pondok Pesantren Ta’mirul Islam dengan Program wajib bahasa, Adanya kegiatan bahasa seperti pemberian mufradat harian, pengulangan mufradat, muhadas\ah, listening, dan qira’atul kutub. Adanya lomba dalam kegiatan bahasa, yaitu: lomba cerdas cermat berbahasa Arab. Adanya pemantauan terhadap kegiatan-kegiatan tersebut dengan membuat peraturan bagian Bahasa dan hukuman bagi pelanggar, dan untuk meninjau perkembangan kegiatan-kegiatan tersebut maka diadakan evaluasi bahasa. Secara umum kegiatan biah lugawiyyah di asrama ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam, masuk dalam kategori Efektif dalam pembelajaran bahasa Arab, baik dari segi mufradat, istima’, kalam, qira‘ah, maupun kitabah. Namun demikian, kategori Efektif di sini masih satu tingkat di bawah kategori Sangat Efektif. Dalam pelaksanaannya, peneliti masih menemukan beberapa kendala yaitu: kegiatan kurang menarik, kurangnya kesadaran pengurus dalam mentaati peraturan kegiatan, fasilitas yang kurang memadai, serta ketatnya kegiatan lain di dalam pesantren. Peneliti juga menemukan upaya pengurus dalam mengatasi kendala ini, diantaranya: membuat kegiatan menjadi semenarik mungkin, melaksanakan kegiatan tepat waktu, juga mengadakan rapat evaluasi setiap kegiatan. Dengan demikian semoga hasil penelitian dalam tesis ini bisa memberikan kontribusi yang positif dan bermanfaat bagi semua pihak. Kata Kunci : Biah Lugawiyyah , Pembelajaran Bahasa Arab. date: 2017-05-17 date_type: published pages: 128 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Muhammad Rozaq Darmawan, NIM : 1320410083 (2017) Efektifitas Bi’ah Lugawiyyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab bagi Santriwati ARDHAN Program Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27373/1/1320410083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%282%29.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27373/2/1320410083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%20%282%29.pdf