<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA)"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis untuk\r\nmengkaji pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya\r\nmengenai pembelajaran bahasa Arab. Mengingat penelitian-penelitian yang\r\npernah dilakukan sebelumnya terkait pembelajaran bahasa Arab banyak\r\ndilakukan di madrasah dan pesantren. Pendidikan dan kurikulum merupakan\r\ndua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu rencana atau program\r\nkurikulum tidak akan bermakna manakala tidak diimplementasikan dalam\r\nbentuk pembelajaran. Demikian juga sebaliknya, tanpa kurikulum yang\r\njelas sebagai acuan, maka pembelajaran tidak akan berlangsung secara\r\nefektif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi model\r\npengembangan kurikulum bahasa Arab dan sekaligus mencoba untuk\r\nmenganalisis karakter pengembangan kurikulum tersebut melalui\r\npendekatan kurikulum perspektif Peter F. Oliva. Teori yang dipakai dalam\r\npenelitian ini adalah teori-teori tentang kurikulum, dan juga teori\r\npengembangan kurikulum Oliva, teori kurikulum merupakan kerangka\r\nteoritis-normatif untuk melihat model pengembangan kurikulum\r\npendidikan, sedangkan teori pengembangan kurikulum Oliva digunakan\r\nuntuk menyusun serta mengimplementasikan model pengembangan\r\nkurikulum Bahasa Arab di SMAN 1 dan SMAN 2 Sape Bima NTB.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui pendekatan\r\nkualitatif, pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara\r\nmendalam, dan juga dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah\r\nmetode deskriptif-interpretatif melalui langkah-langkah siklus interaktif\r\nyang komponennya meliputi reduksi data, sajian data, dan kesimpulan.\r\nDari hasil penelitian yang dilakukan tersebut memberikan penjelasan\r\nbahwa: (1). Penyusunan kurikulum bahasa Arab di SMAN 1 dan SMAN 2\r\nSape dilakukan secara komprehensif berdasarkan analisis kebutuhan peserta\r\ndidik, kebutuhan masyarakat, tujuan umum dan tujuan khusus. (2).\r\nImplementasi kurikulum di dua lembaga pendidikan tersebut berusaha\r\nmewujudkan tujuan mata pelajaran bahasa Arab yang hendak dicapai, yaitu\r\nmeningkatkan kemampuan membaca (Maharatul Qira’ah) dan menanamkan\r\nnilai-nilai IMTAQ. Bentuk pengembangan kurikulum yang dikembangkan\r\noleh dua sekolah tersebut meliputi : di SMAN I; Berkomunikasi\r\nmenggunakan bahasa Arab, pidato bahasa Arab, dan debat bahasa Arab, di\r\nSMAN 2; Halaqoh (kelompok belajar bersama), kursus bahasa Arab, dan\r\nTPQ. Bentuk pengembangan kurikulum tersebut sejalan dengan\r\npengembangan kurikulum perspektif Oliva yaitu sederhana, komprehensif,\r\ndan sistematik. (3). Kendala yang dihadapi sekolah dalam pengembangan\r\nkurikulum tersebut meliputi, (a). Manajemen, (b). Sarana dan Prasarana,\r\n(c). Dana, (d). Waktu.\r\nKata kunci: ModelPengembangan Kurikulum, Kurikulum Oliva"^^ . "2017-04-27" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1420410093"^^ . "KURNIA ELISA PUTRI"^^ . "NIM: 1420410093 KURNIA ELISA PUTRI"^^ . . . . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Text)"^^ . . . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB\r\nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA\r\n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27374 \n\nMODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB \nDI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA \n(PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA)\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa Arab"@en . . . "Kurikulum" . .