%A NIM: 1420410093 KURNIA ELISA PUTRI %O Dr. Muhajir, M.S.I %T MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB DI SMAN 1 DAN SMAN 2 SAPE BIMA (PERSPEKTIF PENGEMBANGAN KURIKULUM OLIVA) %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis untuk mengkaji pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) khususnya mengenai pembelajaran bahasa Arab. Mengingat penelitian-penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya terkait pembelajaran bahasa Arab banyak dilakukan di madrasah dan pesantren. Pendidikan dan kurikulum merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebagai suatu rencana atau program kurikulum tidak akan bermakna manakala tidak diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran. Demikian juga sebaliknya, tanpa kurikulum yang jelas sebagai acuan, maka pembelajaran tidak akan berlangsung secara efektif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi model pengembangan kurikulum bahasa Arab dan sekaligus mencoba untuk menganalisis karakter pengembangan kurikulum tersebut melalui pendekatan kurikulum perspektif Peter F. Oliva. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori-teori tentang kurikulum, dan juga teori pengembangan kurikulum Oliva, teori kurikulum merupakan kerangka teoritis-normatif untuk melihat model pengembangan kurikulum pendidikan, sedangkan teori pengembangan kurikulum Oliva digunakan untuk menyusun serta mengimplementasikan model pengembangan kurikulum Bahasa Arab di SMAN 1 dan SMAN 2 Sape Bima NTB. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif-interpretatif melalui langkah-langkah siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut memberikan penjelasan bahwa: (1). Penyusunan kurikulum bahasa Arab di SMAN 1 dan SMAN 2 Sape dilakukan secara komprehensif berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik, kebutuhan masyarakat, tujuan umum dan tujuan khusus. (2). Implementasi kurikulum di dua lembaga pendidikan tersebut berusaha mewujudkan tujuan mata pelajaran bahasa Arab yang hendak dicapai, yaitu meningkatkan kemampuan membaca (Maharatul Qira’ah) dan menanamkan nilai-nilai IMTAQ. Bentuk pengembangan kurikulum yang dikembangkan oleh dua sekolah tersebut meliputi : di SMAN I; Berkomunikasi menggunakan bahasa Arab, pidato bahasa Arab, dan debat bahasa Arab, di SMAN 2; Halaqoh (kelompok belajar bersama), kursus bahasa Arab, dan TPQ. Bentuk pengembangan kurikulum tersebut sejalan dengan pengembangan kurikulum perspektif Oliva yaitu sederhana, komprehensif, dan sistematik. (3). Kendala yang dihadapi sekolah dalam pengembangan kurikulum tersebut meliputi, (a). Manajemen, (b). Sarana dan Prasarana, (c). Dana, (d). Waktu. Kata kunci: ModelPengembangan Kurikulum, Kurikulum Oliva %K ModelPengembangan Kurikulum, Kurikulum Oliva %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib27374