@mastersthesis{digilib27380, title = {INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMK NEGERI 2 CILACAP}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM : 1420411018 Ahib Ijudin}, year = {2017}, note = {Dr. H. Karwadi, M.Ag.}, keywords = {INTERNALISASI, NILAI-NILAI, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, MULTIKULTURAL, SMK NEGERI 2 CILACAP}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27380/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini berangkat dari fakta bahwa Indonesia merupakan Negara majemuk akan tetapi masyarakatnya belum siap menghadapi kemajemukan tersebut. Multikulturalisme adalah suatu keniscayaan, apalagi dalam kehidupan global saat ini, namun salah satu ancaman serius dari kemajemukan ini adalah radikalisme, terorisme, dan disintegrasi bangsa. Lembaga sekolah dipandang sebagai powerful untuk mengintrodusir nilai nilai pendidikan multikultural dikalangan siswa sebagai perekat kesatuan dalam perbedaan, sayangnya berbagai riset dari lembaga survey menguatkan indikasi bahwa sekolah telah gagal menanamkan nilai-nilai multikultural, padahal pembelajaran pendidikan agama Islam di institusi lembaga formal secara teoritis memperkenalkan hakikat pluralitas dan kemajemukan dalam segala dimensi kehidupan, baik suku ras bahasa profesi kultur dan agama. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk melakukan studi kasus di SMK Negeri 2 Cilacap demi menjawab tiga pertanyaan krusial, yaitu, Apa saja nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam muatan PAI SMK?, Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis multikultural di SMK Negeri 2 Cilacap? Serta Bagaimana capaian internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis multikultural di SMK Negeri 2 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari hasil naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo, dan dokumen resmi. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian kualitatif ini adalah ingin menggambarkan realita empirik di balik fenomena secara mendalam, rinci, dan tuntas Hasil penelitian menunjukan pertama nilai-nilai PAI berbasis multikultural meliputi: demokrasi, toleransi keadilan perdamaian kemanusiaan pluralisme inklusivisme. Kedua proses internalisasi dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Ketiga pelaksanaan nilai-nilai multikultural telah menyatu dalam setiap kegiatan di sekolah sebagai bentuk capaian internalisasi nilai-nilai tersebut.} }