<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN"^^ . "Tesis ini bermula dari banyaknya kajian semiotika yang lebih memilih teks al-Qur’an\r\nsebagai obyek material. Penulis tertarik menggunakan teori yang sama untuk membahas teks\r\ndalam buku al-Qira’ah ar-Rasyidah. Karena buku ini merupakan materi utama pembelajaran\r\nqira’ah bahasa Arab yang banyak digunakan oleh sejumlah pondok pesantren di Indonesia.\r\nKajian dalam Tesis ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce dengan\r\npendekatan filsafat pendidikan.\r\nObyek formal dalam penelitian ini adalah semiotika, filsafat pendidikan dan teori\r\nbehavioristik. Adapun obyek materialnya adalah teks buku al-Qira’ah ar-Rasyidah.\r\nHasil pemaknaan semiosisnya adalah: a) kisah Said as-Samak. Secara konotatif Mahmud\r\nberarti orang yang terpuji atau orang yang mendapatkan kedudukan mulia. Orang mendapatkan\r\nkedudukan terpuji seperti Mahmud karena sikapnya yang bertanggung jawab memenuhi\r\nkebutuhannya serta kesabaran, ketekunan dan kegigihannya dalam melaksanakan tanggung\r\njawab tersebut. Danau dimaknai secara semiotis sebagi tempat kehidupan. Manusia\r\nmembutuhkan proses pendidikan demi memperoleh pengetahuan dan perubahan perilaku\r\nsebagaimana yang dimiliki sang tokoh. Manusia yang berpendidikan akan menggunakan nilainilai\r\npendidikan sebagai tongkat dan tangga menuju kehidupan dengan derajat mulia.\r\nKegembiraan yang diperoleh Mahmud pada saat mendapatkan hasil tangkapan ikan dapat\r\ndimaknai secara konotatif bahwa seseorang yang telah mencapai tujuan pendidikan dia akan\r\nmendapatkan derajat kemuliaan sehingga dapat dikatakan orang tersebut telah memperoleh\r\nkebahagiaan hakiki.\r\nb) kisah Itlaq at-Tuyur. Orang Amerika dimaknai secara semiosis sebagai orang yang\r\nberkemajuan. Orang dianggap maju apabila tidak buta huruf, dapat menguasai tekhnologi,\r\nberpendidikan tinggi dan berpengetahuan luas. Untuk mencapai kemajuan seseorang harus\r\nterbebas dari pengekangan yang berupa bentuk-bentuk larangan, pembatasan ruang gerak dan\r\npikir, serta bentuk-bentuk pengekangan lain yang menyebabkan seseorang tidak dapat\r\nmelakukan kegiatan yang dapat menjadikan dirinya menjadi maju. Pendidikan yang menjadi\r\nsolusi agar terhindar dari keterkekangan dan keterpaksaan yang saat ini sedang gencar\r\ndigalakkan yakni pendidikan yang kembali ke alam atau sekolah alam. Di sekolah alam, peserta\r\ndidik dapat belajar sesuai dengan ketertarikan mereka, bebas bereksplorasi untuk menjawab\r\nsemua rasa ingin tahunya sehingga mereka merasakan suasana nyaman dalam belajar. Dengan\r\ndemikian akan tumbuh kesadaran dalam diri peserta didik bahwa belajar itu menyenangkan\r\nlearning is fun, dan sekolah identik dengan suasana kegembiraan. Mereka tidak hanya\r\nmendengarkan penjelasan dari guru namun dengan cara action learning yakni langsung dapat\r\nmelihat, merasakan, menyentuh dan mengikuti seluruh kegiatan dalam proses pembelajaran.\r\nc) kisah al-‘anzani. Dalam hidup di dunia manusia tidak akan lepas dari halangan dan\r\nrintangan, tetapi manusia memiliki dua potensi dalam menghadapinya yakni potensi bahagia\r\ndan potensi sengsara. Untuk mendapatkan potensi bahagia seseorang membutuhkan\r\npendidikan. Karena hal ini selaras dengan tujuan pendidikan yaitu: menuntun segala kekuatan\r\nkodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota\r\nmasyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya dan\r\ndapat mengubah seseorang menjadi bertambah baik budi pekertinya.\r\nKata kunci: Al-Qira’ah ar-Rasyidah, Pendidikan Bahasa Arab, semiotika, Charles Sanders\r\nPierce."^^ . "2017-06-06" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1420411161"^^ . "Ainul Fadhilah"^^ . "NIM: 1420411161 Ainul Fadhilah"^^ . . . . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Text)"^^ . . . . . "1420411161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH\r\nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN\r\nFILSAFAT PENDIDIKAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27393 \n\nANALISIS SEMIOTIKA TEKS DALAM BUKU AL-QIRA’AH \nAR-RASYIDAH DENGAN PENDEKATAN \nFILSAFAT PENDIDIKAN\n\n" . "text/html" . . . "Filsafat Pendidikan" . .