TY - THES N1 - Dr. H. Abdul Munip, M.Ag ID - digilib27395 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27395/ A1 - Muhammad Ediyani, NIM: 1520410002 Y1 - 2017/05/02/ N2 - Muhammad Ediyani: Pengembangan Materi Pembelajaran Mah?rah al-Istim?? Berbasis Media Lectora Inspire di Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Lhokseumawe Aceh, Tesis, Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru bahasa Arab Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin yang tidak efektif dalam mengajarkan mah?rah al-istim?? bahkan sebagian guru mengabaikan mah?rah al-istim??, hal ini dikarenakan tidak adanya persiapan yang materi yang baik dari guru dan kurangnya pengetahuan guru dalam merancang sebuah media yang akan diterapkan kepada siswa sehingga guru mengajar dengan metode dan media konvensional sehinnga siswa menjadi bosan dalam pembelajaran mah?rah al-istim??. Tujuan penilitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pembuatan dan pengembangan materi pembelajaran mah?rah al-istim?? berbasis media Lectora Inspire, dan mengetahui hasil validasi ahli media, ahli materi, respon guru dan respon siswa serta efektivitas penggunaan materi pembelajaran mah?rah al-istim?? berbasis media Lectora Inspire untuk siswa Madrasah Aliyah Swasta Ulumuddin Lhokseumawe Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry, yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapanmyang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (a) Hasil validasi ahli media terhadap materi pembelajaran mah?rah al-istim?? berbasis media Lectora Inspire diperoleh persentase 81,82% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 80% dengan kategori baik, (b) Hasil respon guru terhadap materi pembelajaran mah?rah al-istim?? berbasis media Lectora Inspire diperoleh persentase 91,11% dengan kategori sangat baik, sedangkan respon siswa diperoleh persentase 82,43% dengan kategori sangat baik, (c) Penggunaan materi pembelajaran mah?rah al-istim?? berbasis media Lectora Inspire sangat efektif dalam pembelajaran mah?rah al-istim?? dengan perolehan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas X-I sebesar 61 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,09 dengan nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05, dan perolehan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas XI-III sebesar 60,35 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85 dengan nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05, serta perolehan nilai rata-rata pre-test untuk siswa kelas XII-III sebesar 60,45 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,06 dengan nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa materi pembelajaran mah?rah al-istim?? berbasis media Lectora Inspire supaya dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan, sehingga siswa mampu menguasai materi dengan optimal, dan dapat menjadikan motivasi bagi guru dalam meningkatkan keprofesionalan mengajar, dan hasil penelitian ini juga dapat memberikan solusi bagi siswa dalam pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, sehingga dapat mencapai indikator-indikator dan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran mah?rah al-istim??. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Materi Pembelajaran KW - Mah?rah al-Istim?? KW - Media Lectora Inspire M1 - masters TI - PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MAH?RAH AL-ISTIM?? BERBASIS MEDIA LECTORA INSPIRE DI MADRASAH ALIYAH SWASTA ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE ACEH AV - restricted EP - 190 ER -