eprintid: 27396 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/73/96 datestamp: 2017-11-14 04:10:40 lastmod: 2017-11-14 04:10:40 status_changed: 2017-11-14 04:10:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri Kurnia Wahidah, NIM: 1520410004 title: STUDI EVALUATIF SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO ispublished: pub subjects: ev_pend divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Evaluasi, Sistem Pembelajaran Bahasa Arab note: Dr. H. Radjasa, M.Si abstract: Putri Kurnia Wahidah, Studi Evaluatif Sistem Pembelajaran Bahasa Arab di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Program Studi Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2017. Bahasa Arab menjadi persoalan krusial di lingkungan pondok pesantren karena hampir seluruh literatur yang digeluti para santri menggunakan bahasa Arab sebagai mediumnya. Tetapi meskipun bahasa Arab telah diajarkan sejak dini, namun belum sepenuhnya dikuasai oleh santri. Permasalahan tersebut juga terjadi pada pembelajaran bahasa Arab di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo Ngabar, sehingga diperlukan analisis dan evaluasi terhadap sistem pembelajaran bahasa Arab yang ada. Dari latar belakang masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan pencapaian hasil sistem pembalajaran bahasa Arab di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh gambaran langsung dari sistem pembelajaran bahasa Arab yang ada. Dalam mengevaluasi sistem pembelajaran ini penulis menggunakan model evaluasi Countenance Stake, model ini mengevaluasi komponen-komponen sistem pembelajaran yang disajikan dalam tiga fokus, yaitu: anteseden (persiapan), transaksi (proses), dan hasil. Setiap fokus dievaluasi berdasarkan matriks Countenance Stake yang meliputi rencana (intent), observasi (implementasi), standar dan pertimbangan. Berdasarkan analisis dan evaluasi, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab yang ada, guru di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo Ngabar membuat i’dād al-tadrīs dalam bentuk bahasa Arab guna mendukung kegiatan belajar mengajar bahasa Arab yang ada, karena seluruh literatur dan pelaksanaan pembelajarannya menggunakan bahasa Arab sebagai mediumnya. Penggunaan bahasa Arab sebagai medium pembelajaran ini guna secara langsung mengasah kemampuan empat maḥārah santri. Dalam mengevaluasi kemampuan bahasa Arab santri baik teoritik atapun praktik, guru melakukan evaluasi pembelajaran dalam bentuk ujian lisan (imtiḥān syafahī) dan ujian tulis (imtiḥān taḥrīrī), sehingga penilaian kemampuan bahasa Arab santri lebih komprehensif. 2) Pencapaian hasil sistem pembelajaran ini terlihat dari kemampuan santri dalam menguasai bahasa Arab reseptif (maharoh al-istima’ dan maharoh al-qiroa’h) maupun produktif (maharoh al-kalam dan maharoh al-kitabah). Dalam penguasaan bahasa Arab santri tidak terlepas dari permasalahan linguistik bahasa Arab, yang menyebabkan masih terdapat kesalahan dalam berbahasa. Melihat pencapaian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di MA Tarbiyatul Mu’allimat al-Islamiyah pondok pesantren Wali Songo sudah memberi manfaat kepada santri, tetapi masih terdapat beberapa komponen yang harus direvisi untuk mengoptimalkan penguasaan bahasa Arab santri. date: 2017-05-26 date_type: published pages: 192 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Putri Kurnia Wahidah, NIM: 1520410004 (2017) STUDI EVALUATIF SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA TARBIYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27396/1/1520410004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27396/2/1520410004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf