<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul)"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah 1) adanya kegelisahan peneliti dalam\r\nmelihat fenomena yang ada di Indonesia khususnya, bahwa Negara Indonesia\r\nmerupakan Negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam bahkan umat\r\nIslam terbesar di dunia, namun sangat disayangkan dari jumlah tersebut hanya\r\nsebagian kecil sekitar 20% saja yang mampu membaca al-Qur’ān dengan baik dan\r\nbenar. 2) Kebutuhan Negara Indonesia akan orang-orang huffāẓ yang akan menjaga\r\nkelestarian dan keotentikan al-Qur’ān sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Lembaga\r\nPentaṣḥīḥ al-Qur’ān (LPMA). 3) Meskipun saat ini banyak bermunculan lembaga\r\nbaru yang menyelenggarakan program taḥfīẓ, namun kebanyakan outputnya hanyalah\r\nsemacam pengenalan, atau sekedar mampu menghafal namun belum menguasai\r\n(mutqīn). 4) Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu (PPTQS) dan Pondok\r\nPesantren An-Nur merupakan dua lembaga corak lama dan corak baru yang\r\nmenerapkan model mastery learning dalam taḥfīẓ.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berjenis\r\ndeskriptif-kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan (to discribe) fenomena\r\nyang terjadi pada model mastery learning yang diterapkan di kedua lembaga tersebut,\r\njuga untuk mengetahui problematika yang ada dalam pembelajaran. Data-data\r\ndiperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Analisis didukung dengan\r\nmetode komparasi untuk membandingkan langkah-langkah pembelajaran yang\r\ndilakukan di kedua lembaga tersebut serta memperlihatkan aspek-aspek persamaan\r\ndan perbedaannya.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa model mastery learning diterapkan di\r\nPPTQS dan PP An-Nur dalam pembelajaran al-Qur’ān dan taḥfīẓ melalui aspek-aspek\r\nyang mendukungnya baik dari tujuan pembelajaran, materi, metode, strategi maupun\r\nsistem evaluasinya. Keduanya mempunyai tujuan yang sama untuk mewujudkan\r\nsantri yang tidak hanya sekedar pernah menghafal al-Qur’ān namun berkualitas\r\nmutqin-kuat baik dari segi hafalan maupun bacaan. Juga untuk membentuk pribadi\r\nsantri yang selalu dekat dengan al-Qur’ān, dengan harapan dalam kehidupannya selalu\r\ndiwarnai dengan al-Qur’ān dan mampu mengamalkan isi kandungannya. Dari segi\r\nmateri memiliki kesamaan dengan target 1-2 hlm per hari (kisaran 3-5 juz) per tahun.\r\nMetode yang digunakan juga ada kemiripan di PPTQS menggunakan talaqqī, ziyādah,\r\nmurāja’ah, one hour tilawah, dan di PP An-Nur menggunakan talaqqī, setoran,\r\nmurāja’ah, mudārasah. Begitu juga kesamaan strategi yang diterapkan menggunakan\r\nprogram berjenjang, di PPTQS mulai dari pra-taḥsīn, taḥsīn, serta taḥfīẓ, adapun di\r\nPP An-Nur mulai bimbingan, marḥalah bin naẓri dan marḥalah bil ḥifẓi.\r\nPerbedaan yang ada pada model mastery learning di kedua pondok tersebut\r\nterletak hanyalah pada bentuk proses pelaksanaan aspek-aspek pembelajaran tersebut,\r\nseperti klasikal ataupun individual, juga evaluasi dengan sistem sambung ayat di\r\nPPTQS dan membaca keseluruhan di PP An-Nur."^^ . "2017-05-26" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1520410030"^^ . "Ismail Rosyid"^^ . "NIM: 1520410030 Ismail Rosyid"^^ . . . . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Text)"^^ . . . . . "1520410030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Text)"^^ . . . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MODEL MASTERY LEARNING\r\nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN\r\n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra\r\nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27399 \n\nMODEL MASTERY LEARNING \nDALAM PEMBELAJARAN TAḤFĪẒ AL-QUR’ĀN \n(Studi Komparasi di Pondok Pesantren Taḥfīẓul Qur’ān SahabatQu Deresan Putra \nYogyakarta dan Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Bantul)\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . .