<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA"^^ . "Penelitian ini mengkaji Hierarki bahasa, Unggah-ungguh Berbahasa dan\r\nEtika Sosial dalam Tafsir Al-Ibriz li Ma’rifah Tafsir Al-Qur’an Al-Aziz Karya\r\nKH Bisri Mustafa. Hierarki bahasa dalam tafsir lokal karya K.H. Bisri Mustafa\r\nini dapat dijadikan sebagai sebuah metode baru dalam tafsir, khususnya tafsir\r\nNusantara. Ada empat tingkatan hierarki bahasa dalam tafsir al-Ibriz: (1)\r\ntingkatan ngoko (kasar); (2) tingkatan Madya (biasa); (3) tingkatan Krama\r\n(halus); dan (4) tingkatan krama inggil. Tingkatan ngoko, krama, dan krama\r\ninggil digunakan saat dialog berdasarkan strata sosial, misalnya antara yang\r\nmulia dan yang hina, antara Allah dan rasul, Fir’aun dengan nabi Musa, Allah\r\ndengan nabi Musa , nabi Musa dengan nabi Khidir, Maryam dengan malaikat,\r\ndan nabi Isa dengan kaumnya. Pada tingkatan madya, Bisri Mustafa menafsirkan\r\nayat menggunakan gaya bahasa yang biasa-biasa saja. Artinya, bahasa tersebut\r\nmemang sudah lumrah dan dipahami oleh semua kalangan masyarakat Jawa, baik\r\ndalam bentuk penjelasan ayat atau dialog, misalnya dialog antara ahli surga\r\ndengan ahli neraka.\r\nUnggah-ungguh bahasa yang terkandung dalam tafsir al-Ibriz yang\r\nsebegitu indah dan kaya rasa, implementasi secara sungguh-sungguh dapat\r\ndijadikan kontrol sosial yang efektif. Di zaman yang seperti ini ketika tatanan,\r\nsopan santun terkesan diabaikan, implementasi nilai unggah-ungguh berbahasa\r\nJawa dan unggah-ungguh itu sendiri bisa menjadi jawaban dan memberikan\r\njawaban. Penggunaan unggah-ungguh berbahasa Jawa dalam kehidupan\r\nbermasyarakat juga termasuk ikut menjaga tetap terjaganya budaya jawa yang\r\nluhur. Penggunaan unggah-ungguh berbahasa mengandung pelajaran yang sangat\r\npenting yaitu tata kerama, atau sopan santun. Bentuk dari sopan santun bisa\r\nbermacam-macam seperti sifat/watak andhap asor, halus dalam bertutur kata,\r\nberkomunikasi dengan bahasa yang komunikatif dan tidak terkesan menggurui.\r\nEtika sosial adalah bagian dari etika yang berfungsi untuk merefleksikan\r\nperbuatan manusia serta menilai baik buruknya perbuatan manusia. Etika sosial\r\nyang berfungsi agar siapa yang berbicara dan diajak bicara atau berkomunikasi\r\nbenar-benar diperhatikan dalam tafsir al-Ibriz. Bisri Mustafa yang kedudukan\r\nbeliau sebagai seorang kiai pesantren, birokrat, dan ulama, membuat karyanya\r\nsangat layak dikaji dan ditulis lebih dalam.\r\nPenelitian ini termasuk penelitian library research atau kepustakaan yang\r\nmenggunakan metode deskriptif-analitis-kritis. Sesuai dengan pokok bahasan\r\nyang dikaji. Maka sumber utama dalam penelitian ini adalah buku tafsir al-Ibriz\r\nkarya Bisri Mustafa. Sedangkan yang menjadi sumber sekundernya adalah bukubuku\r\nyang membahasa tentang unggah-ungguh bahasa, hierarki bahasa, adat\r\nkebiasaan orang Jawa dan buku mengenai etika sosial. Data ini diharapkan dapat\r\nmenjadi pisau analisis untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif.\r\nAdapun hasil penelitian ini yaitu : Pertama, hierarki bahasa serta pilihan bahasa\r\nyang digunakan dalam kitab Tafsir Al-Ibriz li Ma’rifah Tafsir Al-Qur’an Al-Aziz\r\nKarya KH Bisri Mustafa benar–benar mencerminkan keindahan pemilihan\r\nbahasa. Kedua, Unggah-Ungguh Berbahasa dalam kitab Tafsir Al-Ibriz li\r\nMa’rifah Tafsir Al-Qur’an Al-Aziz Karya KH Bisri Mustafa membangun konsep\r\nsopan santun baru dalam berbahasa. Bisri Mustofa menggunakan kaidah-kaidah\r\nunggah-ungguh berbahasa dengan cerdas sehingga kesan yang dibangun\r\ndalamnya benar-benar seperti mengalir sesuai dengan tatanan masyarakat yang\r\nberlaku. Ketiga, Etika sosial berbahasa dalam kitab Tafsir Al-Ibriz li Ma’rifah\r\nTafsir Al-Qur’an Al-Aziz Karya KH Bisri Mustafa menjadi bumbu yang paling\r\nmenarik dalam tafsir ini. Etika sosial dalam berbahasa dalam tafsir ini\r\nmengajarkankan bahwa berbicara sopan saja tidak cukup bila tidak disertai\r\ndengan proses komunikasi yang baik. Secara umum hierarki bahasa, unggahungguh\r\nberbahasa dan etika sosial dalam kitab Tafsir Al-Ibriz li Ma’rifah Tafsir\r\nAl-Qur’an Al-Aziz Karya KH Bisri Mustafa sudah mencerminkan keluhuran\r\nbudaya jawa yang adiluhung, mengedepankan endahing raos dan adining suraos.\r\nSecara pragmatis kitab Tafsir Al-Ibriz li Ma’rifah Tafsir Al-Qur’an Al-Aziz\r\nKarya KH Bisri Mustafa menambah dan memperkaya penafsiran yang sudah ada\r\ndengan model baru sehingga berkontribusi dalam meningkatkan mutu\r\nmasyarakat khususnya masyarakat jawa dalam memahami Al-Qur’an."^^ . "2017-05-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1320511043"^^ . "ARI NURHAYATI"^^ . "NIM. 1320511043 ARI NURHAYATI"^^ . . . . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Text)"^^ . . . . . "1320511043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Text)"^^ . . . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL\r\nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27413 \n\nHIERARKI BAHASA, UNGGAH-UNGGUH BERBAHASA DAN ETIKA SOSIAL \nDALAM TAFSIR AL IBRIZ LI MA’RIFAH TAFSIR AL QUR’AN AL AZIZ KARYA KH BISRI MUSTAFA\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .