@mastersthesis{digilib27425, month = {May}, title = {PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN QAW{\^A}?ID TERHADAP KOMPETENSI MUH{\^A}DATSAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) SALMAN AL-FARISI BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM: 1520411054 Achmad}, year = {2017}, note = {Dr. H. Maksudin, M.Ag}, keywords = {Minat Membaca, Penguasaan Qaw{\^a}?id, Kompetensi Muh{\^a}datsah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27425/}, abstract = {Achmad, Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Qaw{\^a}?id Terhadap Kompetensi Muh{\^a}datsah Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Salman Al-Farisi Boarding School Yogyakarta, Tesis, Program Magister Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya pengaruh minat membaca dan kompetensi muh{\^a}datsah (1) penguasaan qaw{\^a}?id dan kompetensi muh{\^a}datsah (2) serta pengaruh minat membaca dan penguasaan qaw{\^a}?id secara bersama-sama terhadap kompetensi muh{\^a}datsah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif melalui studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP IT Salman Al-Farisi. Karena populasi kurang dari 100 responden maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Adapun sampel penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kompetensi muh{\^a}datsah, angket minat membaca dan tes penguasaan qaw{\^a}?id. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dan korelasi (sederhana, ganda). Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang siginifikan antara minat membaca dan keterampilan berbicara (ditemukan koefisien regresi sebesar 0,451 dengan koefisien korelasi r2 sebesar 0,653 pada taraf signifkansi 5\% dan ditemukan sumbangan relatif sebesar 65.3 \% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain); (2) ada hubungan positif penguasaan qaw{\^a}?id dengan keterampilan berbicara (ditemukan koefisien regresi sebesar 1,721 dengan koefisien korelasi r2 sebesar 0,549 pada taraf signifkansi 5\% dan ditemukan sumbangan relatif sebesar 54.9 \% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain); (3) ada hubungan positif minat membaca dan penguasaan qaw{\^a}?id secara bersama-sama dengan kompetensi muh{\^a}datsah (ditemukan koefisien regresi koefisien korelasi ganda minat membaca X1 sebesar 0,319 dan X2 sebesar 0,748 dan ditemukan sumbangan koefisien determinasi R2 sebesar 0.701 mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel independen X1dan2 terhadap variabel dependen Y? sebesar 70.1 \%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain. Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama minat membaca dan penguasaan qaw{\^a}?id memberikan sumbangan yang berarti terhadap kompetensi muh{\^a}datsah. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kompetensi muh{\^a}datsah. Dilihat dari kuatnya hubungan tiap variabel prediktor (bebas) dengan variabel respons (terikat), hubungan penguasaan qaw{\^a}?id dengan kompetensi muh{\^a}datsah lebih kuat dibandingkan dengan hubungan minat membaca dengan kompetensi muh{\^a}datsah. Ini menunjukkan bahwa penguasaan qaw{\^a}?id menjadi prediktor yang lebih baik dari pada minat membaca} }