TY - THES N1 - Dr. H. Maksudin, M.Ag ID - digilib27425 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27425/ A1 - Achmad, NIM: 1520411054 Y1 - 2017/05/09/ N2 - Achmad, Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Qawâ?id Terhadap Kompetensi Muhâdatsah Siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Salman Al-Farisi Boarding School Yogyakarta, Tesis, Program Magister Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya pengaruh minat membaca dan kompetensi muhâdatsah (1) penguasaan qawâ?id dan kompetensi muhâdatsah (2) serta pengaruh minat membaca dan penguasaan qawâ?id secara bersama-sama terhadap kompetensi muhâdatsah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif melalui studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP IT Salman Al-Farisi. Karena populasi kurang dari 100 responden maka penelitian ini merupakan penelitian populasi. Adapun sampel penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kompetensi muhâdatsah, angket minat membaca dan tes penguasaan qawâ?id. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dan korelasi (sederhana, ganda). Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang siginifikan antara minat membaca dan keterampilan berbicara (ditemukan koefisien regresi sebesar 0,451 dengan koefisien korelasi r2 sebesar 0,653 pada taraf signifkansi 5% dan ditemukan sumbangan relatif sebesar 65.3 % sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain); (2) ada hubungan positif penguasaan qawâ?id dengan keterampilan berbicara (ditemukan koefisien regresi sebesar 1,721 dengan koefisien korelasi r2 sebesar 0,549 pada taraf signifkansi 5% dan ditemukan sumbangan relatif sebesar 54.9 % sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain); (3) ada hubungan positif minat membaca dan penguasaan qawâ?id secara bersama-sama dengan kompetensi muhâdatsah (ditemukan koefisien regresi koefisien korelasi ganda minat membaca X1 sebesar 0,319 dan X2 sebesar 0,748 dan ditemukan sumbangan koefisien determinasi R2 sebesar 0.701 mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel independen X1dan2 terhadap variabel dependen Y? sebesar 70.1 %, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain. Dari hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama minat membaca dan penguasaan qawâ?id memberikan sumbangan yang berarti terhadap kompetensi muhâdatsah. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kompetensi muhâdatsah. Dilihat dari kuatnya hubungan tiap variabel prediktor (bebas) dengan variabel respons (terikat), hubungan penguasaan qawâ?id dengan kompetensi muhâdatsah lebih kuat dibandingkan dengan hubungan minat membaca dengan kompetensi muhâdatsah. Ini menunjukkan bahwa penguasaan qawâ?id menjadi prediktor yang lebih baik dari pada minat membaca PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Minat Membaca KW - Penguasaan Qawâ?id KW - Kompetensi Muhâdatsah M1 - masters TI - PENGARUH MINAT MEMBACA DAN PENGUASAAN QAWÂ?ID TERHADAP KOMPETENSI MUHÂDATSAH SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMP IT) SALMAN AL-FARISI BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 243 ER -