<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH"^^ . "Hakekatnya pendidikan Islam bukan sekedar proses penanaman nilai-nilai\r\nmoral untuk membentengi dari akses negatif, tetapi bagaimana nilai moral yang\r\nditanamkan mampu berperan sebagai kekuatan Islam keluar dari kemiskinan,\r\nkebodohan, keterbelakangan sosial serta budaya. Dewasa ini, arus modernisasi\r\nmelahirkan kebudayaan mengarah kepada liberalisasi, rasionalisasi, materialisasi.\r\nPendidikan Islam disibukkan juga dengan kasus orang tua, remaja dan anak yang\r\nsering terjadi, seperti: kasus free sex, narkoba, kekerasan, korupsi dll. Kondisi ini\r\nsemakin menyulitkan pengembangan praktik pendidikan Islam dalam arti lebih\r\nkomprehensip. Pendidikan Islam menggunakan kebudayaan diperlukan sebagai\r\nbagian pembentuk jati diri seorang muslim. Ilmu sosial profetik adalah alternatif\r\npilihan format budaya Islam, diperkenalkan Kuntowijoyo melalui tiga ranah,\r\nhumanisasi (‘amar ma’rūf), liberasi (nahyī mungkar), dan transendensi, berkaitan\r\nfirman Allah Q.S. Āli-„Imrān [3]:110. Terkait kepentingan tersebut diperlukan\r\nperubahan dalam Sistem Pendidikan Nasional terkait kurikulum, dalam hal ini\r\nkurikulum 2013 di madrasah. Adapun rumusan masalah penelitian, bagaimana\r\npendidikan Islam berbasis ilmu sosial profetik?, dan juga bagaimana relevansi\r\ndan implikasi terhadap pengembangan kurikulum 2013 di madrasah?.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat induktif, yang\r\ndikategorikan juga sebagai penelitian kepustakaan (library research), Penelitian\r\nmenggunakan pendekatan filosofis-sosilogis. Metode dalam pengumpulan data\r\nmenggunakan metode dokumenter. Metode analisis data yang digunakan adalah\r\nanalisis isi atau dokumen (content or ducumen analysis).\r\nHasil penelitian Pendidikan Islam berbasis ilmu sosial profetik merupakan\r\ntransfer knowledge and values untuk mengesakan Allah dilakukan kontinyu dan\r\ndinamis disertai pemahaman dalam diri manusia terdapat kelebihan dan juga\r\nkelemahan, menunjukkan adanya campur tangan yang transenden. Pemahaman\r\nini terus berdialog dengan Tuhan yang transenden dan alam yang secara internal\r\nberwujud self-correction atau muhāsabah an-nafs, secara eksternal berwujud\r\n‘amar ma’rūf (humanisasi) dan nahyī mungkar (liberasi). Prinsip yang digunakan\r\nintegrasi, keseimbangan, persamaan, kontinuitas, berkelanjutan, kemaslahatan.\r\nTujuannya adalah pendidikan Islam yang humanis, membebaskan, transenden,\r\nserta memandang manusia sebagai insān kāmil yaitu sosok manusia sebagai\r\n‘abdullāh, dan khalīfatullah fi al-ard. Kurikulumnya menolak adanya dualismesekularisme,\r\ndan menonjolkan tujuan agama serta akhlak, Menggunakan metode\r\nHiwār, amtsāl Qur’āni-Nabawi, keteladan, pembiasaan, ‘ibrah dan mau’iẓah,\r\ntarghib dan tarhib, edutainment, Quantum Learning. Evaluasi menggunakan tes\r\ndan non-tes. Lembaga pendidikan: keluarga, masjid, masyarakat, dan sekolah.\r\nRelevansi dan implikasi terhadap pengembangan kurikulum 2013 di madrasah,\r\nsebagai berikut: relevansi (berdasarkan karakteristik, orientasi SKL tiap jenjang\r\npendidikan (MI, MTs, MA) dan komponen dalam kurikulum 2013 di madrasah.\r\nImplikasinya terhadap komponen kurikulum 2013 PAI yang meliputi: tujuan, isi\r\nkurikulum, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran."^^ . "2017-05-02" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520411068"^^ . "Tatag Satria Praja"^^ . "NIM. 1520411068 Tatag Satria Praja"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Text)"^^ . . . . . "1520411068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013\r\nDI MADRASAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27428 \n\nPENDIDIKAN ISLAM BERBASIS ILMU SOSIAL PROFETIK DAN \nRELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 \nDI MADRASAH\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .