<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA"^^ . "Khamdiyah. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Ranah\r\nPsikomotorik Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Kota\r\nYogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,\r\nKonsentrasi Pendidikan Agama Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017.\r\nPenelitian ini berdasarkan fakta: (1) siswa belum mampu menghubungkan\r\nantara pengetahuan yang abstrak dengan bagaimana pengetahuan itu akan\r\nditerapkan dalam kehidupan sehari-hari; (2) di Madrasah Ibtidaiyah siswa\r\nmemiliki keterbukaan pada informasi baru dan kemauan untuk berubah sehingga\r\nsiswa harus melakukan langkah-langkah kecil untuk terampil berpikir; (3) masih\r\ndikesampingkannya ranah psikomotorik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini\r\ndiharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi guru dalam memilih pendekatan\r\nyang sesuai pada proses pembelajaran dalam mengembangkan ranah psikomotorik\r\nsiswa.\r\nPenelitian ini menggunakan teori Barringer, tentang pendekatan saintifik.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif.\r\nPengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa\r\nreduksi data, display data dan verifikasi, kemudian pengabsahan data dan\r\nkesimpulan data dari fakta-fakta secara khusus kemudian disimpulkan secara\r\numum.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rencana pembelajaran yang dibuat\r\nsudah baik, karena tujuannya membuat siswa aktif; (2) proses pembelajaran\r\nbelum sesuai dengan langkah pendekatan saintifik yaitu: mengamati, menanya,\r\nmengumpulkan, mengolah dan menyampaikan informasi; (3) strategi yang\r\ndigunakan masih cenderung pada aktifitas fisik dan kesinambungan materi sejarah\r\ndengan kehidupan sehari-hari oleh guru seolah guru banyak memberi suapan\r\nmateri pada siswa; (4) sumber informasi tidak hanya dari buku, tetapi dari\r\npengalaman hidup sehari-hari; (5) contoh yang diberikan sesuai keadaan siswa;\r\n(6) siswa mampu merumuskan pertanyaan sesuai materi; (7) penilaian masih\r\ncenderung menekankan ranah kognitif; (8) guru dapat memberikan pengalaman\r\nkonkret sebagai tindak lanjut pembelajaran. Cara mengembangkan ranah\r\npsikomotorik siswa yaitu: (1) membaca buku, mendengar penjelasan guru, dan\r\nmerumuskan pertanyaan yang diajukan; (2) mengamati penjelasan guru dan\r\nberdiskusi dengan teman; (3) bercerita dengan runtut tentang sejarah dengan\r\nmenyampaikan hasil diskusi dengan teman dan hasil mengamati penjelasan guru.\r\nHasil pengembangan ranah psikomotorik siswa sebagai berikut: (1) menelaah\r\nelementer-elementer buku sejarah; (2) menganalisis fenomena di masa lalu\r\ndengan masalah sosial di lingkungan sekitar; (3) bercerita dengan runtut tentang\r\nsejarah; (4) meningkatkan keterampilan mengajukan pertanyaan produktif."^^ . "2017-05-29" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1520420005"^^ . "KHAMDIYAH"^^ . "NIM: 1520420005 KHAMDIYAH"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "1520420005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK\r\nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDI MI KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27441 \n\nIMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK \nDALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM \nDI MI KOTA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Bimbingan dan Konseling Islam "@en . . . "Pendidikan Karakter" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .