%0 Thesis %9 Masters %A Ratih Rahmawati, S.Pd.I., NIM: 1520420007 %B Pascasarjana %D 2017 %F digilib:27442 %I UIN Sunan Kalijaga %K Pendekatan Saintifik, Sikap Ilmiah Siswa, Kurikulum 2013. %P 247 %T PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENGEMBANGAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27442/ %X Pendekatan saintifik berkaitan erat dengan sikap ilmiah pada pembelajaran sains. Namun, pada kurikulum 2013 pendekatan saintifik diaplikasikan pada semua muatan, yaitu tematik terpadu. Sehingga hal tersebut memerlukan kajian mendalam. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pendekatan saintifik dan pengembangan sikap ilmiah siswa dalam muatan tematik pelaksanaan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bermaksud memperoleh pemahaman makna fakta yang relevan tentang aplikasi pendekatan saintifik mengembangkan sikap ilmiah siswa dalam muatan pelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Negeri Demangan Yogyakarta mulai melaksanakan kurikulum 2013 khusus di kelas 1 dan 4 sejak tahun 2014 hingga saat ini, namun pelaksanaannya pernah berhenti tahun 2015 karena kurikulum 2013 mengalami sedikit perubahan. Proses pelaksanaan pembelajaran di kelas saat ini berjalan cukup baik. Guru memberikan umpan balik (feedback) dengan baik, membangkitkan rasa ingin tahu siswa, diskusi, memberi penguatan positif, apresiasi dan juga refleksi bersama yang diakhiri dengan kesimpulan. Sikap ilmiah siswa yang muncul adalah rasa ingin tahu yang tinggi ditandai dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan yang mengandung kuriositas, tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan tugas, usaha mereka berdiskusi kelompok dan presentasi di depan kelas, respek terhadap orang lain, kerjasama, berani, berpikir kritis dan terbuka. Kegiatan pembelajaran tersebut tersirat dalam tahapan pelaksanaan pendekatan saintifik. Akhirnya, pelaksanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 ini hakikatnya mengembangkan sikap ilmiah siswa, tidak hanya pada muatan ilmu alam namun juga muatan lainnya, baik dikenal dengan sebutan muatan tematik. %Z Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.