<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR"^^ . "Pemilihan metode pembelajaran bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan \r\npembelajaran. kooperatif learning tipe Jigsaw dan Word Square dapat dijadikan metode alternatif \r\nuntuk mendorong peserta didik aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian \r\nini yaitu untuk melihat keefektifan antara metode Jigsaw dan Word Square dalam mengembangkan \r\nkemampuan kognitif dan afektif peserta didik di MI NW 1 Kembang Kerang Aikmel Lombok Timur.\r\nPenelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis penelitian komparasi. Penelitian komparasi \r\nadalah membandingkan kesamaan pandangan dan perubahan-perubahan pandangan orang, grup atau negara, \r\nterhadap kasus, kasus terhadap orang, peristiwa atau terhadap ide-ide. Populasi sekaligus sampel \r\ndalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI NW 1 Kembang Kerang Lombok Timur tahun ajaran \r\n2016/2017 yang berjumlah 61 peserta didik, 31 kelas Va dan 30 kelas Vb. Teknik pengumpulan data \r\ndalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang \r\ndigunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan \r\nhomogenitas dan uji t dengan teknik analisis Paired Samples T-Tes dan Independent-Sample T Test.\r\nUji hipotesis pertama dan kedua menggunakan program SPSS dengan teknik analisis Paired Samples \r\nT-Tes. Hasil uji hipotesis pertama t hitung = 10,063 > t tabel =2.042272 dan t hitung = 6,520 > t \r\ntabel = 2.042272. hasil hipoteis kedua t hitung = 2,082 > t tabel = 2.04523 dan nilai t hitung = \r\n2,709 > t tabel = 2.04523 sedangkan hasil uji hipotesis ketiga untuk kemampuan kognitif peserta \r\ndidik yaitu menggunakan rumus Independent-Sample T Test, melalui program SPSS versi 20 menunjukkan \r\nbahwa t hitung > t tabel = 4,513 > 2,001. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. \r\nDan pada pengujian kemampuan afektif peserta didik hasil menunjukkan t hitung > t tabel = 4,6201 > \r\n2,043751 maka Ha diterima, sehingga kesimpulannya ada perbedaan signifikan kemampuan kognitif dan \r\nafektif peserta didik antara metode Jigsaw dengan metode Word Square di MI NW 1 Kembang Kerang \r\nLombok Timur."^^ . "2017-05-24" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1520420009"^^ . "HUSAIRI"^^ . "NIM: 1520420009 HUSAIRI"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Text)"^^ . . . . . "1520420009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf"^^ . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Text)"^^ . . . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE\r\nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN\r\nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH\r\nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG\r\nAIKMEL LOMBOK TIMUR (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27445 \n\nSTUDI KOMPARASI METODE JIGSAW DAN WORD SQUARE \nDALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN \nAFEKTIF PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH \nNAHDATULWATHAN 1 KEMBANG KERANG \nAIKMEL LOMBOK TIMUR\n\n" . "text/html" . . . "Komputer" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Motivasi" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .