eprintid: 27526 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/75/26 datestamp: 2017-10-16 01:49:11 lastmod: 2017-10-16 01:49:11 status_changed: 2017-10-16 01:49:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: PARJUANGAN, NIM. 1520010096 title: PEMIKIRAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK ispublished: pub subjects: PF subjects: pen_isl divisions: pps_iis full_text_status: restricted keywords: Pemikiran Zakiah Daradjat, Karakter, Kreativitas. note: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya temuan-temuan tentang kebobrokan akhlak atau karakter anak bangsa. Hal tersebut tidak hanya meresahkan orang tua, para guru, tapi juga meresahkan masyarakat dan pemerintah. Anehnya, sampai detik ini permasalahan-permasalahan tersebut masih terus berlanjut dan belum kunjung terselesaikan. Yang tidak kalah pentingnya juga adalah bahwa perhatian dan penghargaan terhadap kreativitas masih sangat minim. Bahkan pendidikan yang sejatinya mengedepankan pengembangan kreativitas anak, nyaris terabaikan atau bahkan terlupakan. Di sisi lain dapat disaksikan bahwa kreativitas-kreativitas yang bermunculan saat ini justru ada yang kurang mendidik atau bahkan dapat meresahkan masyarakat. Dengan demikian, maka mencarikan solusinya menjadi penting atau bahkan menjadi sebuah keharusan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui pemikiran zakiah daradjat tentang pembentukan karakter. Kedua, untuk mengetahui pengembangan kreativitas anak menurut Zakiah Daradjat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data-datanya tersebut penulis menggunakan content analysis atau analisis isi. Adapun hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian adalah: pertama, pembentukan karakter anak dapat dimulai sedini mungkin. Yaitu sejak orang tua memilih calon pasangan hidupnya, berlanjut ketika anak berada dalam kandungan sang ibu, dan kemudian dilanjutkan terus sampai anak lahir dan menginjak dewasa. Kedua, Bagi orang dewasa yang belum mendapatkan pembentukan atau pembinaan karakter di masa kanak-kanak, ia tetap dianjurkan membentuk karakternya. Hal tersebut dapat ia lakukan dengan usahanya sendiri maupun dengan bantuan atau bimbingan orang lain. Ketiga, Pembentukan karakter akan sempurna jika didukung oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan juga lingkungan masyarakat. Dan pondasi dari pembentukan karakter tersebut adalah agama yang tercermin dalam kepribadian setiap anggota keluarga, anggota sekolah, dan anggota masyarakat. Keempat, pengembangan kreativitas anak sejatinya berpedoman pada nilai-nilai karakter, kesehatan mental, dan didasarkan pada pemahaman dan pengamalan agama. Kelima, kesuksesan dalam pengembangan kreativitas anak sangat ditentukan oleh dukungan dari berbagai pihak, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Ketidaksiapan atau ketidakpahaman ketiga lingkungan tersebut dalam upaya pengembangan kreativitas anak akan menghambat tumbuhkembangnya kreativitas itu sendiri. date: 2017-04-10 date_type: published pages: 234 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA thesis_type: masters thesis_name: other citation: PARJUANGAN, NIM. 1520010096 (2017) PEMIKIRAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27526/1/1520010096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27526/2/1520010096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf