<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2"^^ . "Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah melengkapi sumber\r\nbelajar praktis dan efektif untuk siswa kelas V SDIT Salsabila 2 Klaseman, yang\r\nberupa handout dengan pendekatan yang mengaktifkan siswa menemukan konsep\r\nsendiri.Tujuan dari belajar menggunakan handout ini yaitu memberikan motivasi\r\nbelajar bagi siswa untuk tertarik membaca dan belajar matematika dengan materi\r\nyang ringkas dan sesuai dengan kurikulum. Siswa dapat termotivasi belajar\r\nmatematika dengan kelengkapan sumber belajar yang digunakan sebagai\r\npendamping di rumah maupun di kelas.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk handout matematika\r\nkelas V semester 2 dengan suatu pendekatan inkuiri terbimbing untuk\r\nmemfasilitasi keaktifan siswa dalam menyelesaikan suatu persoalan matematik,\r\nmendeskripsikan kelayakan handout yang dikembangkan, dan mengetahui\r\nkeefektifan handout dalam analisis peningkatan hasil belajar sebelum\r\npenggunaan handout dan sesudah penggunaan handout dalam pembelajaran di\r\nkelas.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk yang\r\ndikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar cetak yaitu handout\r\nmatematika berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas V pada semester 2. Model\r\npengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu Borg and Gall dengan\r\nmodifikasi menjadi beberapa tahapan yaitu tahap Eksplorasi, tahap\r\npengembangan produk, dan tahap Uji Coba. Subjek dalam penelitian ini adalah\r\nsiswa kelas V SDIT Salsabila 2 Klaseman. Instrumen yang digunakan dalam\r\npenelitian ini berupa lembar angket, lembar observaasi dan butir soal. Instrumen\r\nangket digunakan untuk menilai validitas Handout yang dilakukan oleh ahli\r\nmateri, ahli media dan guru Matematika kelas V SDIT Salsabila 2 Klaseman.\r\nSelain itu angket juga disebarkan kepada 26 siswa kelas V SDIT Salsabila 2\r\nKlaseman untuk mengetahui respon siswa terhadap Handout Matematika berbasis\r\ninkuiri terbimbing yang dikembangkan.\r\nBerdasarkan analisis Hasil pengembanagn handout diperoleh kualitas\r\nhandout berdasarkan Baik (B)\r\nSangat Baik (SB) Sangat Baik (SB)\r\nrespon siswa terhadap produk yang dikembangkan Sangat Baik, dan berdasarkan\r\nhasil pre-test dan post-test pada uji terdapat peningkatan hasil belajar siswa\r\nsebelum dan sesudah penggunaan handout matematika yaitu kenaikan rata-rata\r\nsebesar 10,19%. Kesimpulan hasil uji coba handout yang dikembangkan adalah\r\nefektif digunakan dalam proses pembelajaran dikelas dan dapat meningkatakan\r\nhasil belajar.\r\nKata kunci : handout, pembelajaran matematika, inkuiri terbimbing\r\nAbstract\r\nAgustin Rahayuningsih, \"Pengembangan Handout Matematika Berbasis Inkuiri\r\nTerbimbing Untuk Kelas V SD/MI Semester 2\".\r\nCompetence to develop teaching materials, especially handouts need to be owned\r\nby teachers, given the teaching materials to be effective and eficient of learning process.\r\nBesides that Handout also have important role for teacher and student, in learning which\r\ndone individually, group and also classical. Students can be motivated to learn math with\r\nthe completeness of learning resources used as a companion at home and in the\r\nclassroom.\r\nThis study aims to develop a class V math handout product semester second with\r\na guided inquiry approach to facilitate students' activeness in solving a mathematical\r\nproblem; Describes the feasibility of developed handouts; And knowing the effectiveness\r\nof handouts in the analysis of improved learning outcomes prior to the use of handouts\r\nand after the use of handouts in classroom learning.\r\nThis type of research is development research. The product developed in this\r\nresearch is a printed material that is a guided inquiry based mathematical handout for\r\nclass V in even semester. The development model used in this research is Borg and Gall\r\nwith modification into several stages: Exploration stage, product development stage, and\r\nstage Trials. Subjects in this study were students of grade V SDIT Salsabila 2 Klaseman.\r\nThe instrument used in this research is a questionnaire, observation sheet and item. The\r\nquestionnaire instrument is used to assess the validity of Handouts conducted by material\r\nexperts, media experts and teachers of V grade V SDIT Salsabila 2 Klaseman. Besides\r\nthat the questionnaire was also disseminated to 26 students of grade V SDIT Salsabila 2\r\nKlaseman to know the student response to Handout Mathematics based on guided inquiry\r\ndeveloped. Handout validation is done by converting qualitative data into quantitative\r\ndata, then analyzed as a whole and peraspek, the calculation result of the calculation\r\nresult is converted into product feasibility value.\r\nBased on the analysis, the result of handout handout is obtained by handout quality\r\nbased on the expert judgment of \"Good (B)\", the assessment of media expert \"Very Good\r\n(SB)\", the assessment of \"Very Good (SB)\" mathematics teacher. While the student\r\nresponse to the product developed Very Good, and based on the results of pre-test and\r\npost-test on small-scale trials there is an increase in student learning outcomes before and\r\nafter the use of guided inquiry math based handout. Based on the results of the trial\r\nhandouts developed are effectively used in the process of learning in class and can\r\nincrease learning outcomes.\r\nKeywords: handout, math learning, guided inquiry"^^ . "2017-05-17" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520420035"^^ . "Agustin Rahayuningsih"^^ . "NIM. 1520420035 Agustin Rahayuningsih"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Text)"^^ . . . . . "1520420035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI\r\nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27564 \n\nPENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI \nTERBIMBING KELAS V SD/MI SEMESTER 2\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@id . .