%A NIM. 09220001 MOHAMMAD SIGIT APRIANTO %O Nailul Fallah, S.Ag, M.Si, %T UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 2 BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA %X Latar belakang Penelitian ini untuk mengetahui pelanggaran disiplin siswa dan usaha apa saja yang di lakukan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMAN 2 Bangutapan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian Kepala sekolah, Guru BK dan 4 siswa kelas XI dengan kreteria pelanggaran disiplin dalam tata tertib belajar di sekolahan. Metode pengumpulan data dengan adanya observasi, wawancara. Analisis dilakukan dengan menggaambarkan keadaan secara apa adanyaa sejauh penulis peroleh dari wawancara dan observasi di SMAN 2 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah Upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konsing dalam meningkatkan disiplin belajar siswa adalah sebagai berikut : 1). Meningkatkan Kesadaran diri. 2). Meningkatkan ketaatan. 3) Memberikan keteladanan. 4). Memotivasi. 5). Memberikan Hukuman. 6). Menciptakan lingkungan disiplin dan 7). melatih disiplin. %K Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dan Disiplin belajar Siswa. %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib27570