TY - THES N1 - Drs. Abror Sodik, M.Si ID - digilib27579 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27579/ A1 - YUDI SETIAWAN, NIM. 11220054 Y1 - 2017/08/24/ N2 - Latar belakang skripsi ini bahwa siswa tunagrahita memiliki keterbatasan IQ yang rendah sehingga berpengaruh terhadap kemampuan intelektualnya maka dari itu pendidikan siswa tunagrahita lebih difokuskan pada pengembangan pada potensi yang dimiliki siswa tunagrahita tersebut. Dengan berfokus pada pengembangan diri diharapkan siswa tunagrahita mampu menemukan potensi dan mengasahnya sehingga dapat menjadi bekal dalam dunia kerja dan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru pembimbing pada siswa tunagrahita SLB Yapenas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat di SLB Yapenas Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisa dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk-bentuk pengembangan diri siswa tunagrahita SLB Yapenas meliputi bina diri, bina keagamaan dan bina kreatifitas. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pengembangan Diri KW - Siswa Tunagrahita. M1 - skripsi TI - LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA TUNAGRAHITA SMA DI SLB YAPENAS AV - restricted EP - 105 ER -