TY - THES N1 - Muhsin Kalida, S. Ag., M. A. NIP.19700403 200312 1001 ID - digilib27582 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27582/ A1 - DESI ANA FATAYATI, NIM. 13220026 Y1 - 2017/08/07/ N2 - Kepercayaan diri menjadi salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia khususnya siswa berkebutuhan khusus, tanpa adanya rasa percaya diri maka banyak masalah yang akan timbul pada diri siswa tunanetra seperti minder, malu, dan sulit berinteraksi dengan lingkungannya baik di sekolah maupun dalam lingkungannya. Agar siswa tunanetra dapat mengatasi dalam menyelesaikan masalahnya, maka guru BK memberikan bimbingan maupun konseling baik pribadi maupun kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra MAN 2 Sleman. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di MAN 2 Sleman. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah koordinator dan guru Bimbingan dan Konseling, 5 orang siswa tunanetra kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian adalah tahap-tahap konseling kelompok yang dilakukan di MAN 2 Sleman, menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahap yaitu tahap awal kelompok, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Konseling Kelompok KW - Siswa Tunanetra KW - Kepercayaan Diri M1 - skripsi TI - KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN AV - restricted EP - 133 ER -