%A NIM. 13220044 YULIATUN RAHMAWATI %O Drs. Abror Sodik, M.Si %T KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini Remaja merupakan generasi penerus yang diharapkan dapat membangun dan berkarya bagi negara. Anak-anak yang terdidik, disiplin dan berkualitas secara intelektual, mental serta spiritual akan mampu berkompeten dalam menjalankan roda kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga kelangsungan dan martabat bangsa akan terjamin. Pembinaan, pembiasaan dan pelatihan yang tepat haruslah dimulai sejak dini sebab kenakalan siswa tidak dapat secara otomatis atau terjadi dengan sendirinya, maka perlunya sekolah bersama anggota keluarga siswa bersama-sama dalam melatih, membimbing dan membina siswa ke arah yang lebih baik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk-bentuk kenakalan siswa dan tahap-tahap pemberian bantuan konseling individu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek yang menjadi sumber penelitian Guru Bimbingan dan Konseling dan empat siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa kelas X pada tahun ajaran 206/2017 di SMA N 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta yaitu bullying, tidak masuk tanpa keterangan, terlambat masuk sekolah, menyontek dan membolos. Sedangkan tahap-tahap pemberian bantuan konseling individu dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa kelas X pada tahun ajaran 2016/2017 di SMA N 2 Banguntapan Bantul Yogyakarta, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan %K Konseling Individu, perilaku menyimpang %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib27584