%A NIM. 13220054 MIRNA ARIYANTI %O Drs. H. Muhammad Hafiun, M.Pd. %T PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA %X Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru bimbingan dan konseling, sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam program bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Jetis. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya pada program bimbingan dan konseling serta mengetahui faktor-faktor yang mendukung kepala sekolah menjalankan perannya. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul, tersusun, dan di klasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah mampu menjalankan perannya dengan baik dilihat dari bagaimana kepala sekolah menjalankan perannya sebagai koordinator, penyedia sarana dan prasarana, pengawas dan pelaksana program, serta penanggung jawab yang baik.Faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah terdapat dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. pada faktor internal kepala sekolah memiliki kepribadian dan ilmu yang mendukung. Akan tetapi, pada faktor eksternal kepala sekolah belum mampu menyediakan sarana dan prasarana ruang bimbingan dan konseling di sekolah. Sehingga perlu dioptimalkan lagi guna memenuhi standar yang ideal. %K Peran Kepala Sekolah, Program Bimbingan dan Konseling %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib27586