%A NIM. 13220070 BIGMEN PANGESTU %O Drs. H. Muhammad Hafiun, M.Pd. %T MOTIVASI BERPRESTASI SISWA BROKEN HOME DI SMA N 2 BANGUNTAPAN %X konseling dalam upayanya meningkatkan motivasi berprestasi siswa broken home di SMA N 2 Banguntapan. Dan siswa broken home yang memiliki masalah kompleks di dalam keluarganya namun mampu menjadi contoh yang baik bagi siswa lain karena prestasi yang diraih selama ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa broken home adalah dengan reward dan punishment. Reward meliputi memberi pujian, memberi hadiah. Punishment meliputi memberi hukuman. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa broken home antara lain; faktor intrinsik meliputi keinginan mendapat simpati, cita-cita, minat, konsep diri, keinginan berguna bagi orang lain. Dan faktor ekstrinsik meliputi keluarga, hadiah atau penghargaan dalam prestasi, lingkungan sekolah. %K Motivasi Berprestasi, Siswa Broken home %D 2017 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib27588