@phdthesis{digilib2759, month = {June}, title = {PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA DHARMA ANAK BANGSA KLATEN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { ENDAH NOORJANAH NIM: 04220045}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Prof. Dr. H. M. Bahri Ghazali, MA. Mokhamad Chairudin S.Pd, M.Pd.}, keywords = {Bimbingan, konseling, kemandirian anak, tuna grahita.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2759/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaaan Bimbingan Konseling Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Dharma Anak Bangsa Klaten. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah SLB, Guru SLB, Orang Tua Murid dan Anak Tunagrahita, Obyek penelitian adalah program kemandirian dan metode bimbingan konseling. Metode pengumpulan data menggunakan: Obsevasi yang dipakai untuk menggali data pada Guru BK yang memiliki anak Tunagrahita tentang kemandirian dan metode bimbingan konseling, Metode Interview digunakan untuk kroscek dengan Guru BK dan Orang Tua murid, sedangkan Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data informasi yang diperoleh dari arsip Sekolah Luar Biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling terhadap kemandirian anak tuna grahita di sekolah luar biasa dharma anak bangasa klaten berupa kemandirian yang meliputi: bina diri, sensomotorik, interaksi sosial dan pengembangan karya. Sedangkan metode bimbingan konseling berupa metode Group Guidance (metode kelompok) meliputi: metode ceramah/bercerita, karya wisata, demonstrasi, menghafal dan menyanyi. } }