@phdthesis{digilib27596, month = {August}, title = {PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA TERHADAP KARAKTER SISWA MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 13220098 FITROTU KHOIRIN NISAK}, year = {2017}, note = {Kebiasaan membaca Asmaul husna dan Karakter}, keywords = {Kebiasaan membaca Asmaul husna dan Karakter}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27596/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hipotesis awal pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kebiasaan membaca Asmaul Husna terhadap karakter siswa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 159 siswa. Ditarik besaran sampel 76 siswa yang mana sudah memenuhi syarat jumlah minimal sampel penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan hasil kelas VII B berjumlah 29 siswa, VIII B berjumlah 26 siswa dan IX B berjumlah 21 siswa. Alat pengumpulan data dengan skala Likert kebiasaan membaca Asmaul Husna dan skala Likert karakter. Metode analisis data dengan menggunakan pengujian prasyarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas) dan uji hipotesis dengan regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan statistik didapatkan perolehan koefisien determinasi sebesar 0.156 dengan p = 0.000 (p 0.01) yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan sangat signifikan antara kebiasaan membaca Asmaul Husna terhadap karakter siswa MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Yang artinya semakin tinggi kebiasaan membaca Asmaul Husna maka semakin baik karakter siswa MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Maka hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Nilai pengaruh kebiasaan membaca Asmaul Husna terhadap karakter adalah 15,6\%.} }