<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL"^^ . "ANOM WULANSARI. Penerapan Penilaian Autentik ( Tekhnik Penilaian\r\nKinerja) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI Di SMA N 1\r\nBantul. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu\r\nTarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini\r\nadalah bahwasanya kurikulum sebagai salah satu bagian penting dalam dunia\r\npendidikan terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Sebagai mana kurikulum\r\nyang terbaru yang sudah diberlakukan secara nasional, atau yang dinamakan dengan\r\nkurikulum 2013 atau kurikulum nasional. Pada kurikulum terbaru ini dikenalkan cara\r\nbaru dalam hal penilaian bagi peserta didik yaitu yang disebut dengan penilaian\r\nautentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang mengarah kepada menilai seluruh\r\nkemampuan siswa secara autentik atau asli baik dari segi kognisi, afeksi, dan\r\npsikomotor. Didalamnya terdapat berbagai macam tekhnik yang bisa digunakan oleh\r\nguru untuk mengukur atau menilai kemampuan siswa. Dalam penelitian ini akan\r\ndifokuskan pada penilaian dengan tekhnik kinerja yang sudah diterapkan oleh guru\r\nyang mengajar di SMA N 1 Bantul yang sudah disesuiakan dengan keadaan\r\ndilapangan dan sesuai dengan kebutuhan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmengetahui penerapan penilaian kinerja dengan instrumen ceklist dan skala penilaian\r\nserta kendala yang muncul pada pelaksanaannya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA N\r\n1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan secara\r\nlangsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan\r\nmemberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah\r\nditarik kesimpulan.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Guru Pendidikan Agama Islam di SMA\r\nN 1 Bantul menerapkan penilaian autentik dengan teknik penilaian kinerja (2)\r\nTeknik penilaian kinerja yang paling sering digunakan oleh guru adalah dengan\r\ninstrumen ceklist ( daftar cek ) dan instrumen rating scale ( skala penilaian ), kedua\r\ninstrumen ini digunakan oleh guru dalam menilai beberapa materi yang sudah\r\ndiajarkan. Instrumen penilaian dibuat sendiri oleh guru dengan mempertimbangkan\r\nbeberapa hal, misalnya : materi yang sedang dipelajari, indikator yang ingin dicapai,\r\nserta hasil yang ingin diketahui. (3) Dalam melaksanakan penilaian kenerja, baik itu\r\nsaat menggunakan instrumen ceklist atau rating scale, guru seringkali berkreasi\r\ndengan cara mengkombinasikan penilaian dengan srategi yang lain, misalnya dengan\r\nmeminta siswa menyiapkan materi yang bisa dipresentasikan kepada temannya, bisa\r\nberupa video atau slide. Hal ini dimaksudkan untuk menambah nilai bagi siswa juga\r\nuntuk meningkatkan pemahaman siswa, serta mencegah kebosanan siswa lain saat\r\npenilaian, karena pada penilaian kinerja butuh waktu yang relatif lama untuk menilai\r\nsatu siswa, terutama jika memakai instrumen rating scale. (4) Kendala yang ditemui\r\npada pelaksanaan penilaian ini tidak terlalu menganggu pelaksanaan penilaian secara\r\nkeseluruhan.\r\nKata Kunci :Penilaian kinerja, daftar cek, skala penilaian"^^ . "2017-08-23" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10410026"^^ . "Anom Wulansari"^^ . "NIM. 10410026 Anom Wulansari"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Text)"^^ . . . . . "10410026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Text)"^^ . . . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \r\nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27629 \n\nPENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK ( TEKNIK PENILAIAN KINERJA) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \nSISWA KELAS XI SMA N 1 BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .