@phdthesis{digilib27638, month = {August}, title = {KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF (Telaah Buku U{\d s}{\=u}l Al-Tarbiyyah Al-Isl{\=a}miyyah Karya Khalid Al-Hazimi)}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM. 10410141 Zia Ul Haq}, year = {2017}, note = {Dr. H. Tasman Hamami, M.A}, keywords = {Konsep Pendidikan Islam Integratif, Khalid al-Hazimi, U{\d s}{\=u}l al-Tarbiyyah al-Isl{\=a}miyyah, Pendidikan Agama Islam.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27638/}, abstract = {ZIA UL HAQ. Konsep Pendidikan Islam Integratif: Telaah Buku U{\d s}{\=u}l al-Tarbiyyah al-Isl{\=a}miyyah karya Khalid al-Hazimi. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok-pokok pendidikan Islam dalam buku U{\d s}{\=u}l al-Tarbiyyah al-Isl{\=a}miyyah karya Khalid al-Hazimi serta menelaah konsep pendidikan Islam integratif yang tersirat di dalam buku tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan bisa digunakan untuk menyempurnakan konsep pendidikan integratif dalam ranah pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dalam artian bahwa data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka, baik berupa buku, ensiklopedia, jurnal, dan sebagainya. Dalam menghimpun data, peneliti mendapatkannya dari dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menggambarkan apa yang menjadi gagasan dalam buku U{\d s}{\=u}l al-Tarbiyyah al-Isl{\=a}miyyah karya Khalid al-Hazimi tentang konsep pendidikan integratif. Sedangkan metode analisis dalam penelitian ini ialah analisis konten, yakni penelitian berupa pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa makna pendidikan Islam, menurut Al-Hazimi dalam U{\d s}{\=u}l al-Tarbiyyah al-Isl{\=a}miyyah, ialah suatu proses pengembangan potensi diri insan secara berjenjang dari satu tahap ke tahap berikutnya, dalam seluruh aspek potensinya, demi meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, sesuai dengan ajaran Islam. Ada tiga bab utama yang dijabarkan di dalam U{\d s}{\=u}l al-Tarbiyyah al-Isl{\=a}miyyah, yakni urgensi pendidikan Islam, ranah pendidikan Islam, dan pokok-pokok pendidikan Islam. Dari penjabaran tersebut, tergambar suatu konsep pendidikan Islam integratif. Bahwa pendidikan Islam merupakan proses yang padu antara pemapanan jiwa dan raga, dunia dan akhirat, intelektual dan spiritual, akidah dan akhlak, serta ritual ibadah dan keterampilan praktis. Konsep tersebut terbagi menjadi tiga aspek integrasi, yakni; (1) Integrasi Keilmuan, yakni keterpaduan antara ilmu naqliyah dan ilmu aqliyah, (2) Integrasi Kompetensi, yakni keterpaduan seluruh potensi yang dimiliki insan pendidikan secara utuh dan menyeluruh, berupa aspek kognitif yang mencakup pengetahuan dan pemikiran, afektif yang mencakup keyakinan dan karakter, serta psikomotorik yang mencakup kedisiplinan ibadah, ketangkasan fisik, dan kecakapan keterampilan, (3) Integrasi Lingkungan Pendidikan, yaitu keterpaduan empat dimensi ruang yang menjadi lingkungan terjadinya proses pendidikan Islam, berupa masjid, keluarga, sekolah, dan masyarakat (melalui media massa). Kata Kunci: Konsep Pendidikan Islam Integratif, Khalid al-Hazimi, U{\d s}{\=u}l al-Tarbiyyah al-Isl{\=a}miyyah, Pendidikan Agama Islam.} }