%0 Thesis %9 Skripsi %A KHUSNUL KHOTIMAH, NIM: 12410264 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2017 %F digilib:27650 %I UIN Sunan Kalijaga %K minat belajar, gaya belajar, dan prestasi belajar %P 132 %T STUDI KORELASI MINAT DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL FIKIH DI MADRASAH DINIYYAH NURUL UMMAH PUTRI TAHUN 2016/2017 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27650/ %X Khusnul khotimah. Korelasi Minat dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mapel Fikih pada Siswi Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri Tahun Ajaran 2016/201. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2017. Peneltian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar, hubungan atara minat belajar dengan prestasi belajar dan hubungan secara simultan antara gaya belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar mapel fikih pada siswi Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 399 siswi.pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 15% sehingga sampelnya berjumlah 60 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis istrumen meliputi analisis validitas dan realibilitas. Hasil validitas menunjukkan dari 27 angket gaya belajar terdapat 26 yang valid, sedangkan hasil analisis reabilitas menunjukkan koefisien reabilitas sebesar 0,721 dan dinyatak reliabel. Untuk hasil analisis validitas minat belajar menunjukkan dari 20 angket minta belajar terdapat 17 item yang valid, sedangkan hasil analisis reabilitas menunjukkan koefisien reabilitas sebesar 0,808 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis korelasi dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar mapel fikih pada siswi Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri tahun ajaran 2016/2017. Karena hasil analisis Product Moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,902 menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat. Nilai signifikansi (ρ) sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan ada hubungan yang signifikan. 2) tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar mapel fikih pada siswi Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri tahun ajaran 2016/2017. Karena hasil analisis menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,088 menunjukkan korelasi yang sangat lemah dan signifikansi (ρ) sebesar 0,251> 0,05 menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan. 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar mapel fikih pada siswi Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: minat belajar, gaya belajar, dan prestasi belajar %Z Dr. Eva Latipah, M.Si