TY - THES N1 - DR. Muqowim, M.Ag. ID - digilib27656 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27656/ A1 - Febriza, NIM. 13410028 Y1 - 2017/07/04/ N2 - FEBRIZA. Analisis Buku Teks Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII Terbitan Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar Berdasarkan Kelayakan Isi. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Kelayakan isi, merupakan satu diantara empat kriteria kelayakan suatu buku teks atau buku pelajaran yang harus diperhatikan dan dinilai berdasarkan peraturan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Indonesia. Buku teks atau buku pelajaran selalu dijadikan sumber atau rujukan utama dalam pengambilan informasi atau pengetahuan. Oleh karena itu, kelayakan suatu buku tek atau buku pelajaran sangatlah penting. Akan tetapi, dalam realita yang ada terdapat permasalahan-permasalahan terkait konten (muatan) dalam buku teks. Berdasarkan hal tersebut disusunlah rumusan masalah yaitu (1) bagaimana kesesuain uraian materi dengan KI - KD, keakuratan materi dan materi pendukung pembelajaran dalam buku teks PAI kelas VII terbitan YPI Al-Azhar berdasarkan kelayakan isi ? dan (2) bagaimana dampak dari buku PAI kelas VII terbitan YPI Al-Azhar terhadap proses pembelajaran ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis. Teknis pengumpulan datanya yaitu metode dokumentasi dan wawancara selanjutnya teknis analisis datanya yaitu analisis konten, artinya peneliti melakukan analisis terhadap materi atau isi yang ada dalam buku teks. Analisis data dimulai dengan membaca dan menelaah seluruh data yang telah tersedia, terutama buku teks PAI kelas VII terbitan YPI Al-Azhar. Kemudian dilanjutkan dengan mengkoding data, setelah itu mengorganisasikan dan menyusun hasil koding, memaparkan data dan pembahasan hasil penelitian, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) buku teks PAI kelas VII terbitan YPI Al-Azhar sudah cukup layak digunakan dari segi kelayakan isi, akan tetapi terdapat catatan yang penting untuk perbaikan buku tersebut yaitu masih adanya beberapa kesalahan yang terdapat dalam beberapa bab berdasarkan kelayakan isi seperti: materi pendukung pembelajaran meliputi pemecahan masalah (problem solving), mendorong untuk mencari informasi lebih jauh dan materi pengayaan (enrichment), (2) berdasarkan hasil wawancara dengan guru PAI kelas VII SMP Islam Al-Azhar 26 Yogyakarta kurikulum yang dipakai adalah kurikulum 2013 akan tetapi menurut peniliti dari jawaban yang disampaikan oleh guru dan peserta didik bahwa strategi yang dipakai belum bervariasi. Kata Kunci: Analisis Isi, Buku PAI Terbitan YPI Al-Azhar, Kelayakan Isi PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Analisis Isi KW - Buku PAI Terbitan YPI Al-Azhar KW - Kelayakan Isi M1 - skripsi TI - ANALISIS ISI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KELAS VII TERBITAN YAYASAN PESANTREN ISLAM AV - restricted EP - 218 ER -