eprintid: 27705 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/77/05 datestamp: 2017-10-25 02:49:13 lastmod: 2017-10-25 02:49:13 status_changed: 2017-10-25 02:49:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M IQBAL ALI FAUZI, SPDI, NIM. 1520420012 title: PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS SISWA SD/MI KELAS V ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: jur_pgmi2 full_text_status: restricted keywords: Buku panduan praktikum, Keterampilan Proses Dasar Sains. note: Dr. Sigit Purnama, M.Pd abstract: Tidak tersedianya buku panduan praktikum di SD/MI melatar belakangi peneliti untuk mengembangkan buku panduan praktikum sains. Buku panduan praktikum adalah sebuah buku yang disusun untuk membantu pelaksanaan praktikum mengikuti kaidah penulisan ilmiah. Keterampilan proses dasar sains merupakan beberapa keterampilan yang digunakan oleh para saintis untuk berpikir dan bekerja. Keterampilan proses dasar sains dikembangkan untuk siswa SD/MI pada pelajaran sains terdiri dari delapan aspek yaitu: mengamati, mengukur, menafsirkan, meramalkan, menggunakan alat dan bahan, mengelompokkan, mengomunikasikan, mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan praktikum sains untuk meningkatkan keterampilan proses dasar sains siswa, melalui tahapan; (1) analisis produk, (2) menetapkan desain buku, (3) pengembangan produk, (4) ujicoba skala kecil dan revisi. Metode penelitian menggunakan model research and develpment (R&D) Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan penilaian oleh ahli media, ahli materi, teman sejawat, guru IPA dan ujicoba kelompok skala kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) hasil penilaian dari ahli media mendapatkan nilai persentase 84% dengan kategori baik, (2) hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai persentase 74% dengan kategori baik, (3) hasil penilaian dari dua teman sejawat mendapatkan nilai persentase 86% dengan kategori sangat baik (4) hasil penilaian dari dua guru IPA mendapatkan nilai persentase 75% dengan kategori baik (5) hasil penilaian observasi keterampilan proses dasar sains mendapatkan persentase sebesar 88,33% dengan kategori sangat baik. date: 2017-06-21 date_type: published pages: 228 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah dan Keguran thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: M IQBAL ALI FAUZI, SPDI, NIM. 1520420012 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PRAKTIKUM SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS SISWA SD/MI KELAS V. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27705/1/1520420012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27705/2/1520420012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf