@mastersthesis{digilib27746, month = {June}, title = {ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS INKLUSI SD INTIS SCHOOL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 1520420026 Rifka Khoirun Nada}, year = {2017}, note = {Pmbimbing: Dr. H. Abdul Munip, M. Ag}, keywords = {Kompetensi pedagogik; profesional; proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus; inklusi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27746/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan educator dalam kelas inklusi SD INTIS School Yogyakarta yang bukan lulusan dari bidangnya menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Tetapi, tuntutan sekolah inklusi harus mampu melayani semua peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga pihak sekolah memberikan pelatihan-pelatihan sebagai upaya meningkatkan kompetensi educator SD INTIS School Yogyakarta. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yang pertama bagaimana proses pembelajaran ABK kelas inklusi SD INTIS School Yogyakarta. Kedua, bagaimanakah kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran ABK kelas inklusi SD INTIS School Yogyakarta. Ketiga, bagaimanakah kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran ABK kelas inklusi SD INTIS School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data penelitian ini adalah educator L1 sampai L5 dan Kepala Sekolah SD INTIS School Yogyakarta. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama proses pembelajaran pada ABK kelas inklusi SD INTIS School Yogyakarta dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan belum terdapat rancangan pembelajaran yang khusus bagi ABK. Tahap pelaksanaan dilakukan oleh 13 kelas inklusi dengan karakteristik ABK yang berbeda-beda pada tiap kelasnya. Pada tahap evaluasi, penilaian peserta didik normal dan ABK dibedakan pada aspek kognitif dengan adanya modifikasi soal bagi ABK. Kedua, kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran pada ABK kelas inklusi SD INTIS School Yogyakarta dapat diketahui melalui pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik baik aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional maupun intelektual yang dilakukan melalui assesment. Hasil asesment kemudian dipakai untuk merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik ABK dikelas masing-masing. Ketiga, kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran pada ABK kelas inklusi SD INTIS School Yogyakarta ditunjukkan dengan penguasaan materi yang diajarkan dalam kelas sesuai dengan Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator yang telah dituliskan pada silabus dan Daily Learning Proposal (DLP) dan sesuai dengan struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan sehingga cara penyampaiannya sesuai dengan usia perkembangan dan tingkat intelligensi peserta didik.} }