%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD IRFA'I NIM: 01210601, %B Fakultas Dakwah %D 2009 %F digilib:2778 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Komunikasi, Islamic centre Radio, Klaten. %T KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM DI ISLAMIC CENTRE RADIO KLATEN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2778/ %X Dakwah sebagai aktifitas transformasi ajaran-ajaran Islam harus dilakukan dengan cara yang efektif agar mampu mencapai hasil yang diinginkan. Kemampuan menjangkau hasil yang luar biasa tidak terlepas dari peran sarana yang ada. Satu diantara sekian banyak sarana itu adalah radio. Eksistensi radio sebagai sarana penyampai pesan telah teruji kemampuannya. Ketika keberadaan radio diperkirakan akan ditinggalkan orang dengan munculnya media televisi, radio tetap eksis hingga kini sebagai hasil kemampuannya beradaptasi dengan perkembangan dan saling melengkapi dengan media-media yang ada. Keunggulannya terletak pada kemampuannya menjangkau audiens dimanapun mereka berada. Kelebihan media radio inilah yang membuat penulis menjadikan proses dakwah Islamic Centre Radio (IC Radio) sebagai obyek penelitian. Dipilihnya IC radio karena radio ini memang berdiri di atas semangat dakwah yang menggebu oleh para pendirinya. Pada perjalanan seterusnya, radio ini juga konsisten pada jalur dakwah mereka. Maksudnya, tujuan dakwah mereka tidak berubah seiring adanya godaan, menjadi radio bisnis umpamanya, sebagaimana terjadi pada radio-radio dakwah lainnya. Acara-acara yang mereka suguhkan pun seluruhnya berupa spirit Islam. Berbeda dengan banyak radio lain yang hanya menyediakan durasi beberapa menit saja bagi syi’ar Islam, padahal mengemban misi dakwah Islam. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi proses dakwah yang dilakukan oleh para pengurus IC Radio. Dengan tujuan, apa yang dilakukan oleh manejemen IC Radio dapat dijadikan contoh bahwa radio yang tetap bertahan dengan mayoritas acara keislamannya tidak akan kehilangan pendengar. Keberhasilan itu tidak terlepas dari usaha para pengelolanya untuk memperhatikan setiap proses penyiaran mereka mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaannya. Di samping itu, sikap konsistensi mereka untuk tidak menerima iklan juga tidak menyebabkan mereka bangkrut. Indikatornya,asset mereka kian bertambah banyak dari hasil derma para pendengar. Adapun dalam pengumpulan data, penulis memaksimalkan metode observasi, di samping wawancara sebagai metode utama. Dan karena penyajian hasil penelitian ini berupa deskriptif analisis, maka seluruh data yang dihasilkan di lapangan ditampilkan apa adanya, namun sebelumnya disusun berdasarkan kesesuaian data sebagai hasil analisis. %Z Pembimbing : Drs. Muhammad Sahlan M.Si.