<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER"^^ . "Salah satu metode yang harus dikuasai pendidik adalah metode discovery\r\ndan inquiry, metode ini merupakan pendekatan kognitif dalam pembelajaran,\r\nsiswa didorong mempunyai pengalaman dan melakukan percobaan yang\r\nmemungkinkan mereka menemukan prisip-prinsip atau pengetahuan bagi dirinya.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan penerapan metode\r\ndiscovery dan inquiry pada aspek pengetahuan dan sikap ilmiah siswa kelas V\r\ndalam pembelajaran IPA 2) mengetahui perbedaan metode discovery dan inquiry\r\nterhadap aspek pengetahuan siswa kelas V pada pembelajaran IPA, 3) mengetahui\r\nperbedaan metode discovery dan inquiry pada aspek afektif siswa kelas V pada\r\npembelajaran IPA.\r\nPenelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini\r\nadalah dua unit kelas, yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Pondokdalem 01\r\nSemboro Jember. Untuk mengetahui perbedaan penerapan metode discovery dan\r\ninquiry pada aspek pengetahuan dan aspek sikap ilmiah siswa data dianalisis\r\ndengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan independet-sample t test.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode discovery\r\npada aspek pengetahuan yaitu dengan menggolongkan, membuat dugaan,\r\nmenjelaskan, mengukur dan menarik kesimpulan. Pada pelaksanaan aspek inquiry\r\nmerumuskan masalah, merancang eksperimen, mengumpulkan dan menganilis\r\ndata dan menarik kesimpulan. Dari aspek yang diteliti dapat membantu dalam\r\nproses pembelajaran pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan,\r\nmengeksplorasi informasi dan konsep belajar siswa, yaitu selektif, adaptif,\r\nmeneliti, merealisasi, mengkolaborasi dan mengaktualisasi. 2) Berdasarkan hasil\r\nanalisis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan aspek\r\npengetahuan antara siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan\r\nmetode discovery dengan metode inquiry. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung\r\n2,206 pada harga signifikan 0,033 yang artinya Ho ditolak. 3) Berdasarkan hasil\r\nanalisis dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada aspek\r\nsikap ilmiah antara siswa yang dalam proses pembelajarannya menggunakan\r\nmetode discovery dengan metode inquiry. Hal ini dibuktikan dari hasil uji non\r\nparametrik Mann-Whitney U dengan harga signifikan 0,169 yang artinya"^^ . "2017-07-29" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah dan Keguran, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520421009"^^ . "ST YUNIKA FITRIYANINGSIH"^^ . "NIM. 1520421009 ST YUNIKA FITRIYANINGSIH"^^ . . . . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Text)"^^ . . . . . "1520421009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Text)"^^ . . . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY\r\n\r\nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V\r\nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #27818 \n\nKOMPARASI IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DAN INQUIRY \n \nPADA ASPEK PENGETAHUAN DAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V \nDI SDN PONDOKDALEM 01 SEMBORO JEMBER\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .