%0 Thesis %9 Skripsi %A MURNI KARYANI NIM: 00220250, %B Fakultas Dakwah %D 2009 %F digilib:2783 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Bimbingan dan konseling Islami, pelanggaran tata tertib. %T PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI TERHADAP PELANGGARAN TATA TERTIB PADA SISWA-SISWI KELAS DUA SMP N 2 WONOSARI KLATEN JAWA TENGAH PADA TAHUN AJARAN 2007/2008 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2783/ %X Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami terhadap pelanggaran tata tertib pada siswa-siswi kelas dua SMP N 2 Wonosari Klaten Jawa Tengah pada tahun ajaran 2007/2008 dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang wacana keilmuan, terutama demi kelanjutan dan pengembangan disiplin keilmuan Bimbingan dan Konseling dan memberikan kontribusi bagi pengembangan dan kelanjutan aktivitas bimbingan dan konseling terhadap pelanggaran tata tertib di SMP N 2 Wonosari Klaten Jawa Tengah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas dua yang melanggar tata tertib tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 124 siswa. Adapun subyek sebagai sumber informasi berjumlah 24 personal yang terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, urusan kesiswaan, koordinator BK dan 2 personal guru BK, wali kelas 2B, 1 personal guru mata pelajaran PAI dan 16 siswa-siswi kelas dua yang melanggar tata tertib pada tahun ajaran 2007/2008. Sedangkan obyek penelitian ini adalah proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami terhadap pelanggaran tata tertib pada siswa-siswi kelas dua SMP N 2 Wonosari Klaten Jawa Tengah tahun ajaran 2007/2008 dan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, langkahnya setelah data terhimpun baik yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, maupun observasi kemudian data-data tersebut disusun/dideskripsikan dan dianalisa. Hasil dari penelitian ini antara lain: mengetahui proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami, yang meliputi pokok-pokok pembahasan: pertama, bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib, kedua faktor-faktor penyebab pelanggaran tata tertib, ketiga proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami, keempat, hasil yang dicapai setelah dalam bimbingan dan konseling, dan kelima, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam bimbingan dan konseling. %Z Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag, M.Si.