<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG"^^ . "Latar belakang penelitian ini adalah Masyarakat Jawa Tengah Khususnya\r\nTemanggung merupakan daerah rawan konflik dengan kondisi masyarakat yang\r\nplural terutama dalam hal keyakinan. Isu tentang SARA disini menjadi salah satu\r\nhal yang sensitif. Kabupaten Temanggung menyuguhkan corak yang lebih dalam\r\nlagi dalam pemaknaan toleransi. Pernikahan beda agama di Temanggung tidak\r\nmenjadi sesuatu yang aneh dan perayaan keagamaan menjadi arena interaksi yang\r\nerat satu dengan yang lainnya. SD Remaja Parakan Temanggung merupakan\r\nsekolah yang unik, dengan kondisi peserta didik yang plural terutama dalam hal\r\nkeyakinan. Guru dan peserta didik SD Remaja Parakan Temanggung terdiri dari\r\nbermacam-macam agama, seperti Islam, Kristen, Katholik, dan Budha. Meskipun\r\ndikenal dengan sekolah yang plural konflik atas nama agama tidak pernah terjadi.\r\nWarga sekolah hidup dengan rukun, saling menghormati dan menghargai\r\nperbedaan yang ada.\r\nPenelitian ini dilakukan untuk: pertama, mendeskripsikan konsep toleransi\r\nberagama dalam perspektif guru dari berbagai agama di SD Remaja Parakan\r\nTemanggung, kedua untuk mengetahui bagaimana implementasi toleransi\r\nberagama di SD Remaja Parakan Temanggung, ketiga untuk mengetahui\r\nbagaimana implikasi toleransi beragama terhadap sikap keberagamaan peserta\r\ndidik di SD Remaja Parakan Temanggung dan konstribusi bagi PGMI.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research),\r\npengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan\r\ndokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis yang dikembangkan\r\nMilles dan Hubberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan\r\nkesimpulan. Sedangkan analisisnya bersifat deskriptif kualitatif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, konsep toleransi beragama\r\ndalam perspektif guru Pendidikan Agama Islam adalah sikap saling menghormati\r\ndan menghargai perbedaan keyakinan yang ada. Sedangkan, menurut guru\r\nPendidikan Agama Kristen toleransi beragama adalah keimanan seseorang untuk\r\nmenghilangkan ego dengan menghormati dan menghargai orang lain tanpa\r\nmemandang mereka dari unsur agama maupun unsur lainnya. Kemudian, menurut\r\nguru Pendidikan Agama Katholik toleransi beragama adalah suatu paham yang\r\nmengajarkan untuk hidup menghormati hak kebebasan dalam beragama.\r\nSelanjutnya, menurut guru Pendidikan Agama Budha toleransi beragama adalah\r\nbersosialisasi di masyarakat tanpa membawa label agama. Kedua, penanaman\r\ntoleransi beragama di SD Remaja Parakan Temanggung sudah cukup baik, hal ini\r\nterbukti dengan tidak adanya konflik atas nama agama dan peserta didik benarbenar\r\nmelepas label agama dalam bersosialisasi dengan peserta didik lainnya.\r\nSelain itu, bentuk toleransi beragama di SD Remaja Parakan Temanggung\r\nterwujud dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama yang bersifat inklusif,\r\npenanaman model toleransi beragama at the wall, sikap saling menghormati dan\r\nx\r\nmenghargai disetiap perbedaan yang ada terutama agama, saling peduli dengan\r\ntolong-menolong tanpa diskriminasi agama dan peserta didik hidup rukun tanpa\r\nadanya konflik atas nama agama selama ini. Ketiga, sikap keberagamaan peserta\r\ndidik secara umum termasuk dalam kategori sikap keberagamaan yang inklusif.\r\nKonstribusi bagi PGMI yang pertama, toleransi beragama adalah hal yang perlu\r\nditanamkan sejak dini kepada anak. Kedua, pemahaman guru atau orang tua\r\nterhadap toleransi beragama harus benar, menyeluruh dan mendalam. Ketiga,\r\nkonsep toleransi beragama diajarkan kepada peserta didik sesuai dengan situasi\r\ndan kondisi. Keempat, pentingnya menerapkan model pembelajaran pendidikan\r\nagama yang bersifat inklusif. Kelima, perlunya mempertegas garis batasan dalam\r\ntoleransi beragama. Keenam, tidak boleh mengklaim bahwa orang yang berbeda\r\nkeyakinan dengan kita adalah eksklusif dalam beragama atau intoleran. Ketujuh,\r\nsemua agama memiliki dalil yang kuat tentang eksklusifisme dan inklusifisme\r\nberagama"^^ . "2017-07-17" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah dan Keguran, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1520421021"^^ . "MUHAMMAD NUR FADHLI"^^ . "NIM. 1520421021 MUHAMMAD NUR FADHLI"^^ . . . . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Text)"^^ . . . . . "1520421021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Text)"^^ . . . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TOLERANSI BERAGAMA\r\nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA\r\nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #27830 \n\nTOLERANSI BERAGAMA \nDALAM PERSPEKTIF GURU DARI BERBAGAI AGAMA \nDI SD REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .