TY - THES N1 - Dr.H. Sumedi, M.Ag ID - digilib27837 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27837/ A1 - NURHIDAYAT, NIM. 1320430007 Y1 - 2017/08/25/ N2 - Jika kita tengok lebih lanjut permasalah disektor alam sudah sangat kopleks dan sudah sepatutnya menjadi kekawatiran kita, sebab dari kerusakan alam tersebut akan menimbulkan bencana baru yang mengancam hidup kita. Kiranya sangat penting keberadaan pendidikan yang dapat menanamkan pembelajaran mengenai kecintaan anak terhadap alam semesta. Pendidikan yang paling tepat untuk menanamkan pondasi kepedulian anak terhadap alam semesta ini adalah pendidikan taman kanak-kanak yang didalamnya terbagi menjadi beberapa aspek pembelajaran yang lebih dikenal dengan istilan sentra belajar anak, khususnya pada penelitian ini adalah sentra bahan alam di Tkit Nurul Islam Nogotirtogamping Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan obyek penelitian di Tkit Nurul Islam Nogotirtogamping Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedang validitas/keabsahan data yang diperoleh, diuji melalui bahan referensi, trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Adapun pengolahan data penelitian ini dengan analisis kualitatif, langkahlangkahnya yaitu Reduksi data (data reduction), kemudian Penyajian Data (Data Display), selanjutnya Penarikan kesimpulan dan Verifikasi (Concultion Drawing and Varification) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pertama dari kurikulum sekolah yang tercantum dalam visi dam misi sekolah sudah mengajarkan tentang mencintai dan melestarikan lingkungan. Kemudian dari silabus, rencan proses pembelajaran mingguan (RPPM) dan rencana proses pembelajaran harian (RPPH) sudah memuat matri tentang tema Makhluk hidup, nama-nama warna, bentuk dan cirriciri benda, mengenal anggota tubuh dan lain sebagainya. Kedua proses pembelajaran di sentra bahan alam TKIT Nurul Islam sudah dapat menumbuhkan kecerdasan naturalis siswa di lihat dari kegiatan beajar: 1) Menimbang, 2) Tenggelam dan terapung, 3) Menanam pohon, 4) Perubahan warna, 5) Mengenal terjadinya banjir, 6) Membuat menara dengan pelepah pisang, 7) Memancing ikan, 8) Menyusun sate buah. Ketiga Dari model penilaian yang autentik berdasarkan pada prinsip-prinsip mendidik, berkesinambungan, objektif, akuntabel, transparan, sistematis, menyeluruh dan bermakna, kemampuan dan kompetensi siswa sudah dapat ditemukan diantaranya adalah: 1) Mampu mengenal berbagai binatang dan tumbuhan dilingkungan sekitar, 2) Senang berdamawisata ke alam, 3) Senang dalam memelihara hewan peliharaan, 4) Menyukai cocok tanam, 5)Mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap sesama dan terhadap kelestarian alam, 6) Senang ketika belajar tentang alam, binatang dan tumbuh-tumbuhan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Menumbuhkan Kecerdasan Naturalis Siswa Di Sentra Bahan Alam M1 - masters TI - MENUMBUHKAN KECERDASAN NATURALIS SISWA DI SENTRA BAHAN ALAM TKIT NURUL ISLAM NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 189 ER -