TY - THES N1 - Dr. Hamdan Daulay, M.A. ID - digilib27887 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27887/ A1 - ABDUL HALIM, NIM. 1520310056 Y1 - 2017/05/30/ N2 - Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi siswa di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mempunyai self efficacy dan hardiness rendah, terutama pada siswa yang baru masuk di MTs Ali Maksum, dimana sumber dari dua aspek tersebut berasal dari dalam diri, keluarga, dan dari lingkungan. Self efficacy adalah keyakinan yang melekat pada seseorang terhadap kemampuan atau potensi yang dimilikinya untuk membentuk perilaku yang relevan pada tugas atau situasi khusus, yang dibentuk dari cara pandang atau cara berfikir terhadap suatu peristiwa. Sedangkan Hardiness adalah konsep kepribadian yang tabah dalam menghadapi masalah-masalah yang dialaminya serta mempunyai kontrol terhadap apa yang akan terjadi, mempunyai tujuan atau kontrol untuk meraih tujuan tertentu, dan selalu siap menghadapi suatu tantangan. Melalui pemberian bimbingan konseling religius diharapkan bisa meningkatkan self efficacy dan hardiness dalam diri siswa MTs Ali Maksum. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana layanan bimbingan konseling religius dalam meningkatkatkan self efficacy dan hardiness siswa di MTs Ali Maksum Krapyak. Adapun jenis penelitian ini adalah menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Naturalistik, pendekatan ini dianggap relevan karena sifatnya yang alamiah dan menghendaki keutuhan, disamping diharapkan memperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam mengenai makna dan fakta yang relevan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan konseling religius dalam meningkatkan self efficacy dan hardiness siswa di MTs Ali Maksum berjalan dengan baik, mulai dari pelaksanaan bimbingannya berlangsung secara aktif, efektif dan kondusif. Adapun proses yang dilakukan dalam bimbingan konseling religius dalam meningkatkan self efficacy dan hardiness siswa yaitu dengan mengadakan perencanaan, pelaksanaan, konseling perorangan, konseling kelompok, evaluasi kegiatan, tindak lanjut (follow up). PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Konseling Religius KW - Self Efficacy KW - dan Hardiness M1 - masters TI - BIMBINGAN KONSELING RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN HARDINESS SISWA MTS ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA AV - restricted ER -